seputarbanten.com-TANGGERANG, Sebanyak 40 industri melakukan kegiatan kebersihan di sepanjang kali sabi dalam rangka pemulihan kualitas lingkungan.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin, mengatakan, peran industri dalam menjaga lingkungan sangat penting, terutama yang berada di sepanjang kali.

Para pelaku industri harus lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan di sekitar pabrik melalui gerakan nyata tanam pohon dan juga bebersih bantaran kali Sabi.

"Ini harus menjadi komitmen bukan hanya industri di sekitar Kali Sabi tapi semua industri di Kota Tangerang. Para pelaku industri bisa ikut program hutan industri dan pengolahan sampah di wilayah masing-masing," katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang terus mendorong keterlibatan masyarakat dalam pembangunan kota.

Ia juga menegaskan agar gerakan pemulihan lingkungan di sekitar industri tidak hanya dilaksanakan saat waktu tertentu tetapi menjadi program rutin.

"Gerakan ini harus diikuti oleh gerakan budaya masyarakat. Dimana budaya bersih bukan hanya ketika berada di tempat kerja namun juga harus bisa dipraktekkan di lingkungan rumah masing-masing," ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang. dr Liza Puspadewi menambahkan, para pelaku industri diminta untuk bisa berkomitmen dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau.

"Ini memang agak memaksa, tapi saya pingin semua kawasan industri bisa menjadi kawasan industri yang berwawasan lingkungan," katanya.

BLH telah melaksanakan program untuk mendukung Kota Tangerang sebagai kota layak huni diantaranya Kampung Hijau dan Sekolah Adiwiyata.

Jika sebelumnya hanya beberapa sekolah yang masuk dalam program adiwiyata, maka saat ini telah dicanangkan untuk semua sekolah.

Dengan begitu, kebersihan di lingkungan sekolah tak hanya saat momentum lomba tetapi juga kewajiban dalam menciptakan kegiatan belajar yang nyaman.

Begitu pula dengan kantor pemerintah yang telah diterapkan Eco Office mulai dari kelurahan hingga kecamatan.

Antara News

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: