seputarbanten.com-CILEGON, Kadin Kota Kutai Timur, Kalimantan Timur, menyatakan kekagumannya terhadap Kadin Kota Cilegon, dalam membangun kerjasama dengan berbagai pihak.

Hal itu dikatakan Plh Ketua Kadin Kota Kutai Timur, Ahlang Edi, usai melakukan diskusi dengan jajaran Kadin Kota Cilegon, Selasa (2/2) kemarin.

Menurut Ahlang, kerjasama yang dibangun Kadin Cilegon melalui MoU dengan pemerintah daerah dan PT Krakatau Steel sangat patut ditiru, agar pengusaha lokal bisa bertahan.

“Kami di Kutai TImur belum melakukan itu. Karenanya, hasil dari kunjungan ini, khusus soal MoU dengan pemda dan industry akan kami coba terapkan di Kutai Timur,” kata Ahlang.

Selain itu, lanjut Ahlang, kondisi Kutai Timur yang sangat minim SDM, membutuhkan banyak masukan dari Kadin Cilegon yang menurutnya banyak memiliki SDM yang mumpuni.

“Jujur saja, di kita (Kutai) peluang masih sangat terbuka, tetapi SDM-nya minim. Nah di Cilegon saya dengar banyak SDM dan ahli. Karenanya kita datang ke sini, salah satunya juga untuk melakukan kerjasama itu,” tandasnya.

Dewan Penasehat Kadin yang juga Anggota DPRD Kota Kutai Timur, Herlang Mappatitti menambahkan, rombongan Kadin Kutai Timur sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kadin Cilegon. Dia bahkan menyatakan tidak salah jika mereka melakukan studi banding ke Kadin Cilegon.

“Kami datang ke sini untuk belajar. Dan dari paparan tadi, kami memang banyak mendapatkan ilmu. Mudah-mudahan apa yang kita dapat di sini (Cilegon) bisa kita diterapkan di Kutai Timur,” tandasnya.

Secara geografis, lanjutnya, Kutai Timur ada kesamaan dengan Cilegon. Jika di Cilegon ada PT KS, maka di Kutai Timur juga ada industri besar. Jadi menurutnya, belajar tata kelola organisasi profesi ke Cilegon sangat tepat.

“Geografis hampir sama. Bedanya, di sana banyak peluang tetapi SDM kurang. Nah kita juga ingin belajar terkair persoalan SDM secara khusus. Bahkan kita bisa lakukan kerjasama (transfer knowledge) antara Kutai TImur dengan Cilegon, sehingga SDM kami nantinya bisa mumpuni seperti di Cilegon,” tandasnya.

Ketua Kadin Cilegon, Sahruji dalam kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rombongan Kadin Kutai Timur, yang sudah jauh-jauh datang ke Cilegon untuk berbagi ilmu.

Terkait banyaknya peluang yang tersedia di Kutai Timur, Sahruji menyambut baik hal itu. Karenanya, dia menjadwalkan untuk melakukan kunjungan balasan ke Kutai Timur, untuk melihat dari dekat potensi yang mungkin bisa dikerjasamakan.

“Jelas kita menyambut baik hal itu. Inilah manfaat dari bertukar fikiran. Kita bisa mengetahui potensi masing-masing sekaligus mengetahui peluang yang mungkin bisa dikerjasamakan,” kata dia.

Soal SDM yang menurut Plh Ketua Kadin Kota Kutai Timur sangat kekurangan, Sahruji menuturkan bahwa hal itu juga akan ditindaklanjuti. Bisa saja, lanjutnya, Kadin Cilegon akan mengirim tim (SDM) ke sana, atau bisa dengan cara lain.

“Intinya, berbagai peluang yang bisa dikerjasamakan pasti akan kita tindak lanjuti,” pungkasnya

Reportase : Doni_Sbo#02

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: