seputarbanten.com-CILEGON, Kh. Wasid sosok pejuang Cilegon, Dalam perjuangan menghentikan penindasan penjajah belanda pada tahun 1888, Pejuangan Kh. Wasid bersama penduduk Cilegon itu biasa kita kenal dengan perlawanan petani banten atau yang disebut GEGER Cilegon.

Cetita tentang semangat pejuangan Kh. Wasid, masih melegenda sampai saat ini, Akan tetapi bukti dari sejarah itu, Makom Kh. Wasid yang terletak di lingkungan Sukmajaya Kelurahan Sukmajaya Kecamatan Jombamg Kota Cilegon, telah terlupakan oleh sebagian masyatakat Cilegon.

Kepada seputarbanten.com, H.Asep Sofwatullah, Keturunan generasi Ke- 5, Putra dari Drs KH. Mansur muhyiddin. Menceritakan bahwa makom yang dilokasi saat ini merupakan pindahan dari makom yang berada dilingkungan kampung gudang samping toko foto kopi mulia.

"Dahulu Brijen samun setiap kali memberikan doa untuk KH. Wasid di makom tersebut, Akan tetapi demi pelebaran jalan makom tersebut oleh pemerintah Cilegon dipindah ke lokasi saat ini," Katanya

Melihat keadaan makom yang saat ini banyak dilupakan Masyarakat, Asep, Mengungkapkan hal ini dikarnakan semata untuk menghindari makom KH. Wasid menjadi tempat pemberian sajen.

"Makom bukan tidak terawat tetapi saat ingin dibangun masjid bangunan yang menaungi makon dibongkar, Dan juga makom KH. Wasid merupakan jalur alir dikala hujan, Sehingga dikala musim hujan terlihat kotor," Tuturnya

Meneruskan Cerita H.Asep, Muhaimin, Sekertaris Yayasan KH.Wasid, menegaskan awalnya di belakang makom KH.Wasid ada pembuangan air akan tetapi sekarang ini alirannya mengecil karna adanya bangunan toko.

"Dahulu ada jalan tembus dari belakang, Sekarang sudah gak ada karna wakaf yang sudah diberikan diambil kembali,"Tegasnya

Sementara itu, Karna keterbatasan anggaran, Pembangunan dan pembuatan monumen KH.Wasid tertunda pembangunannta, Dan kini telah terbentuk kepanitiaan pembangunan yang masjid (20/2).

"Kita telah membentuk kepanitiaan pembangunan, jika ada masyarakat yang ingin membantu kami dengan senang hati menerima itu,"Tandasnya

Reportase : Dewan_Sbo#01

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: