seputarbanten.com-PANDEGLANG, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melayani pembayaran pajak secara keliling dengan menggunakan kendaraan operasional bantuan dari Bank Jabar-Banten (BJB).

"Kita mendapat bantuan kendaraan operasional untuk pembayaran pajak dari BJB, ini akan membantu dalam mengoptimalkan penagihan pajak dari masyarakat," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi di Pandeglang, Kamis.

Bupati mengharapkan kendaraan operasional itu dimanfaatkan secara maksimal, dan Dinas Pendapatan Daerah diharapkan membuat jadwal pelayanan yang disosialisasikan pada masyarakat.

"Buat jadwal kemudian sosialisasikan agar masyarakat tahu, sehingga mereka bisa memanfaatkan pelayanan keliling itu," ujarnya.

Menurut dia, pajak, terutama pajak bumi dan bangunan (PBB) pedesaan dan perkotaan merupakan andalan dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sehingga diharapkan untuk dimaksimalkan dalam pengelolaannya.

"Pada 2015, kita menargetkan penerimaan PBB P2 sebesar Rp12,5 miliar, dan berdasarkan laporan bisa direalisasikan," katanya.

Ia menyatakan optimisitis ke depan penermaan PBB P2 bisa terus meningkat. Pemkab telah melakukan inventarisasi objek pajak.

"Akhir tahun lalu sudah dilakukan. Banyak objek pajak yang belum ada surat atau keterangan, sekarang diberi surat minimal surat pajak jadi mereka harus bayar pajak," ujarnya.

Bupati juga menyatakan  telah meminta para camat dan kepala desa/lurah untuk memaksimalkan pungutan PBB serta langsung menyetorkan dana yang terkumpul dari PBB itu.

"Jangan ditunda untuk menyetorkan uang dari pungutan pajak, untuk menghindari terjadi hal tidak diinginkan," ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Entus Bakti menyatakan dalam melakukan pungutan PBB P2  masih dihadapkan kendala indentitas dan alamat wajib pajak yang menunggak kewajibannya tersebut.

Karena itu, kata dia, Pemkab Pandeglang telah melakukan pemutakhiran wajib pajak PBB P2 ini, diharapkan tahun depan sudah selesai.

Menurut dia untuk penagihan piutang pajak pada wajib pajak yang indentitas serta alamatnya jelas masih dapat ditangani, dan banyak juga yang telah melunasi piutangnya tersebut.

reportase : antaranews.com

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: