seputarbanten.com-SERANG,Pemerintah Provinsi Banten menargetkan sekitar 1,2 juta anak dibawah usia lima tahun (balita) di delapan kabupaten/kota  menjadi sasaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio pada 8 Maret 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten M Yanuar di Serang, Jumat, mengatakan sebagian besar kabupaten/kota sudah melakukan sosialisasi PIN kepada para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan PIN tersebut, terutama pada ibu-ibu yang mempunyai balita.

"Sedangkan Pemerintah Provinsi Banten baru akan melakukan sosialisasi pada 25 Februari 2016 dengan mengundang pihak terkait dari delapan kabupaten/kota," katanya.

Terkait pencapaian target, ia menyatakan diperlukan peran aktif  masyarakat sangat dibutuhkan untuk bisa menyukseskannya kegiatan itu.

Ia mengatakan, sosialisasi yang rencananya akan dilaksanakan pada tahap pertama 25 Februari 2016 akan mengundang dinas kesehatan kabupaten/kota, tokoh masyarakat, kader posyandu, PKK serta semua pohak yang terkait dalam pelaksanaan PIN Tahun 2016.

"Nanti sosialisasi akan dibuka Pak Gubernur. Kami berharap, pelaksanaan PIN bisa menjangkau balita sesuai dengan sasaran yakni sekitar 1,2 juta se-Banten,"kata Yanuar.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Toyalis mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Serang sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan PIN polio serentak yang akan dilaksanakan pada 8 sampai 15 Maret 2016. Sosialisasi sudah dilaksanakan dengan mengundang sejumlah pihak seperti pengelola klinik, puskesmas, bidan, kader posyandu, pihak swasta serta tokoh masyarakat.

"Kita akan lakukan dua kali sosialisasi dengan mengundang pihak terkait. Sedangkan untuk sosialisasi di luar ruang dengan menggunakan spanduk dan baliho ajakan untuk imunisasi bagi ibu-ibu yang memiliki balita," kata Toyalis.

Menurut Toyalis, sasaran balita untuk diberikan imunisasi polio pada PIN 2016 di Kota Serang sekitar 60 ribu balita. Balita tersebut tersebar di enam kecamatan di Kota Serang dengan jumlah pos PIN yang tersebar di masing-masing daerah.

"Kami masih menginventarisir jumlah pos PIN yang akan digunakan nanti pada 8 sampai 15 Pebruari. Termasuk petugas yang akan meberikan imuniasi di pos-pos tersebut,"katanya.

Pihaknya mengajak masyaraat Kota Serang, terutama ibu-ibu yang memliki bayi usia 0 sampai 5 tahun, untuk dibawa ke pos PIN untuk mencegah agar balita tersebut tidak terkena penyakit polio.

"Mudah-mudahan target 60 ribu balita bisa diberi imunisasi polio. Polio adalah penyakit infeksi berbahaya yang terutama menjangkiti anak-anak dan dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen,"katanya.

Antara News

Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: