seputarbanten.com-LEBAK, Dalam rangka menjalankan misi kebudayaan, tokoh budaya Kota Cilegon, Uyat Novayatno atau yang lebih akrab disapa Mameu Yai Uyat menghadiri agenda kegiatan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Kamis (31/03/2016) di Aula Kampus Latansa Mashiro, Kabupaten Lebak Banten.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka mendorong minat baca masyarakat ini dipenuhi oleh puluhan stand (bazar) dari rumah baca yang ada di Provinsi Banten. Selain itu dalam kegiatan ini juga terlihat galeri foto potret pembangunan Kabupaten Lebak dari mulai Tahun 1908 sampai saat ini.

Mameu Yai yang didampingi Kepala Bidang Seni Budaya Yayasan Wonk Kite Ajah, Rizal Arif Baihaqi memaparkan maksud kedatangannya ke acara ini adalah untuk memperkenalkan dan mendorong seni budaya yang ada di Banten, khususnya Cilegon.

"Kita disini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk misi kebudayaan. Saya melihat Banten adalah Provinsi yang kaya akan kegiatan seni budaya. Kemungkinan untuk maju dan berkembang seperti Bandung ataupun Jogja memiliki peluang besar. Hanya saja hal tersebut perlu di dorong oleh pemerintah agar hal tersebut bisa segera direalisasikan. Cilegon sendiri sudah mencanangkan diri untuk menjadi Kota Budaya, namun berdasarkan dukungan dan perkembangannya masih belum maksimal dikarenakan masih minimnya fasilitas yang mampu membuat kegiatan seni budaya lebih maju dan berkembang," ungkapnya.

Dalam agenda ini sebagai tokoh budaya ia berharap bisa bertemu langsung Menteri Pendidikan dan Budaya, Anis Baswedan untuk berdiskusi perihal perkembangan seni budaya yang dinilai perlu perhatian khusus baik dari pemerintah daerah maupun pusat. Terlebih di Cilegon saat ini telah terbentuk Badan Khusus yang akan mengangkat dan memajukan Kebudayaan, yaitu Lembaga Budaya Cilegon (LBC).

Sementara Rizal Arif Baihaqi, Humas LBC mengatakan, agenda kunjungan budaya ini sudah direncanakan. Atas inisiatif Mameu Yai dan juga di dorong oleh kawan-kawan seni budaya di Kota Cilegon, kami sengaja berangkat kesini dalam rangka misi kebudayaan.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran Kang Aden, selaku penyelenggara kegiatan. Rencananya usai kegiatan GIM,

"saya dan Mameu Yai akan berdiskusi langsung dengan pak menteri dalam rangka membangun dan memajukan kebudayaan di Banten khususnya Kota Cilegon," paparnya kepada awak media.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: