selutarbanten.com-PULOMERAK, Ribuan jenis burung berbagai jenis ditemuka tampa identitas dalam rajia yang dilakukan Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) jawa barat kemarin malam (20/4). Akan tetapi dalam temuannya burung-burung tersebut bebas melintas.

Menurut anggota BKSDA Jabar wilayah Merak Uday Udaya mengatakan, alasan petugas melepaskan burung-burung tersebut lantaran pemilik burung memiliki dokumen kesehatan hewan.

"Sebenarnya kami tidak bisa melepaskan, namun karna ada salah satu dukemen akhirnya kami melepaska ribuan burung tersebut, tetapi pemiliknya ka.k berika peringatan pertama da pembinaan, jika ini terulang maka kami akan menahannya,"Ujarnga


Dijelaskan Uday, seharusnya pemilik burung perlu melengkapi dokumen SATS-DN untuk pengendalian dan pengawasan penangkapan satwa liar.

“Dokumen ini harus dimiliki, karena penangkapan spesimen tumbuhan dan satwa liar harus dilakukan dengan tidak merusak habitat atau populasi di alam, dan untuk spesimen yang dimanfaatkan dalam keadaan hidup tidak menimbulkan banyak kematian yang disebabkan oleh cara pengambilan atau penangkapan yang tidak benar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Merak (KSKP) Merak AKP Nana Supriyatna mengatakan, razia itu dilaukan diluar kawasan pelabuhan, sehingga pihaknya tidak ikut terlibat.

“Itu BKSDA yang razia, kita enggak ikutan,” ujarnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: