seputarbanten.com-CILEGON, Rabu, (27/4) Kota Cilegon genap berusia 17 tahun, diusia yang beranjak dewasa, kota industri ini mendapat hadiah satu unit mobil dapur umum lapangan dan satu unit motor umum lapangan bantuan dari Kementrian Sosial RI guna mendukung berbagai aktivitas social yang dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini kian menguatkan komitmen pemerintah terhadap pembinaan terhadap kesejahteraan sosial masyarakat seperti yang telah teruang dalam program pro rakyat.

Dalam kesempatan itu pula, Walikota Cilegon sekaligus menandatangani 16 prasasti gedung yang dibangun Pemkot Cilegon dan Launching Pelayanan Pertanahan di Hari Libur kerjasama antara BPN dan pemerintah daerah. Pelayanan ini sesuai dengan Surat Edaran menteri Agraria dan Tata Ruang No : 12/SE/XI/2014.

 “Kami sampaikan terima kasih kepada Kemensos RI atas bantuan yang diberikan dan BPN Kanwil Banten dengan launching pelayanannya, ini memberikan motivasi kepada kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya dibidang pertanahan,” demikian apresiasi Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi yang disampaikannya dihadapan undangan pada acara Riung Mungpulung, di halaman Pemkot Cilegon.

Ia menegaskan,  diusia ke 17 Cilegon melangkah ke tingkat berikutnya mewujudkan Kota Cilegon unggul dan sejahtera. Keunggulan Cilegon akan dimulai dari melakukan hal fundamental menciptakan kebersihan, kerapihan, dan menata keindahan kota seperti tata ruang.

Pembangunan kata Walikota, tidak akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak, contohnya dukungan dari sector industry dan pengusaha yang merupakan sector paling dominan di Cilegon agar melakukan aktivitas kegiatan sesuai dengan peraturan perundangan dan menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan.

Selain itu, pihaknya juga membutuhkan dukungan dari DPRD CIlegon dalam rangka perumusan legilasi kebijakan dan untuk mewujudkan hal itu, memerlukan dukungan seluruh masyarakat dalam bentuk partisipasi aktif melaksanakan kebijakan itu sendiri.

Ia meyakini, melalui terciptanya sinergitas harmonis antara sector industry, pengusaha yang dibarengi komiten pemerintah daerah dan DPRD untuk  mewujudkan keunggulan dan kesejahteraan, serta mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat Cilegon.

“Maka terwujudlah harmoni keseimbangan luar biasa antara alam dan manusia yang akan mewujudkan tema HUT Kota Cilegon tahun ini yang kami rangkum dalam kalimat 17 Tahun Kota Cilegon Dengan Semangat Kebersamaan Kita Mantapkan Kemandirian Daerah,” tegasnya.

Lebih lanjut Walikota menyampaikan dengan penuh rasa bangga pada 11 April silam, pemerintah baru saja menandatangani MoU dengan sejumlah lembaga terkait untuk pembuatan akta kelahiran secara langsung paska melahirkan tanpa dipungut biaya di Kota Cilegon.

Dengan demikian pemberian pelayanan administrasi kependudukan di Cilegon akan berlangsung secara cepat dan tepat, bahkan langsung saat bayi baru lahir, karena, lanjut ia, seluruh warga Cilegon harus berbangga karena program ini langsugn diapresiasi oleh pemerintah pusat dan menjadikan Cilegon sebagai kota percontohan secara nasional. Penandatanganan tersebut, menegaskan komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan terhadpa pelayanan pembuatan akta catatan sipil kepada masyarakat, sehingga semua penduduk memiliki akta kelahiran, KK, E-KTP, dan juga kartu identitas anak.

Walikota menjamin semua pengruusan dan penerbitan dokumen kependudukan tersebut dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun, terlebih ditunjang dengan adanya satu unit mobil khusus yang disediakan untuk mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil yag dapat dilihat secara langsung.

“Program di bidang kependudukan hanya merupakan satu bidang kecil saja dari sejumlah terobosan yang terus diluncurkan dari pemerintahan kami. Satu tahun lalu, Cilegon berhasil menggratiskan PBB P2 buku I, kami juga berhasil meraih pangripta award untuk perencanaan pembangunan daerah terbaik, yang tak kalah membanggakan keselamatan kerja K3 di Cilegon selalu mendapat predikat tertinggi, dibidang pengawasan kinerja keuangan, dua tahun berturut-turut kinerja keuangan Pemkot Cilegon mendapat raport WTP dari BPK, sejumlah dinas telah memiliki standar pelayanan berstandar ISO, seperti DPPKD dan BKD, dan laporan kinerja pelayanan public Cilegon berhasil memasuki 9 besar nasional dan merupakan yang terbaik di Propinsi Banten,” paparnya.

Usai menggelar Riung Mungpulung, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Cilegon dengan Agenda Memperingati HUT Cilegon ke 17, bertempat di Ruang Paripurna DPRD Cilegon.

“Pemkot bersama DPRD Cilegon sepakat bahwa apa yang telah dcapai dalam kurun waktu 17 tahun ini merupakan kelanjutan dari program pembangunan sebelumnya. Program pembangunan dilaksanakan secara terpadu dan terus meningkat profesionalisme dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” tutur Ketua DPRD Cilegon Fakih Usman dalam sambutannya dihadapan undangan paripurna.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: