seputarbanten.com-PULOMERAK, Dalam rangka menekan angka kematian ibu melahikan, Puskesmas pulomerak bersama dinas kesehatan kota cilegon, melakukan sosilisasi rumah tunggu kelahiran kepada warga kecamatan pulomerak di ruang serbaguna kecamatan pulomerak. Pagi tadi (19/4)

Kepada seputar banten, Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan ibu dan anak Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Dr. Novi Menerangkan pentingnya rumah tunggu kelahiran (RTK) bagi ibu hamil, RTK merupakan Rumah yang disiapkan bagi ibu hamil agar melakukan persalinan di tempat yang memiliki fasilitas bersalin sehingga dapat menekan resiko kelahiran yang membahayakan.

"Rumah bersalin ini di bangun dekat dengan fasilitas kesehatan yang dapat menangani persalinan, Untuk kecamatan pulomerak direncanakan RTK diletakan di dua tempat yaitu di dekat puskesmas pulo merak dan Pusdes Lebak gede,"Katanya

Dengan adanya RTK ini menurut, Dr. Novi warga tidak lagi bersalin dirumah apa lagi dengan tenaga yang bukan ahli bersalin, karna RTK merupakan program dinaskeaatan pusan dengan anggaran yang cukup besar untuk ibu hamil.

"Pemerintah menyiapkan dana yang cukup besar untuk ibu hamil, untuk membawa ibu hamil ke RTK biaya oprasionalnya dan makan ibu hamis selama di rumah tunggu sudah ditanggumg dari dana RTK dari dana tersebut, ini agar ibu hamil mau me-lakukan persalinan di rumah sakit sehingga dapat menekan resiko kematian pada ibu hamil dan anak, yang kebanyakan kasus adalah ibu hamil lambat penanganan, sehingga resiko kematian terjadi,"Tuturnya.

Sememtara itu, Kasubak TU Puskesmas Pulomerak, Suryaningsih, Mengatakan untuk RTK di puskesmas pulomerak telah siap baik disamping puskesmas pulomerak atau puskesmas desa lebak gedr, saat ini puskesmas pulomerak sedang mensosialisasikan program RTK kepada warga.

"Bulan mei nanti RTK puskesmas pulomeraknakan dibuka saat ini kami sedang mensosialisasikan program tersebut, sehingga warga nantinya tidak lagi khawatir saat ingin melahirkan,"Ungkapnya

Ditempat lain, Sekertaris Kecamatan Pulomerak, M.Hata, menyambut baik program RTK tersebut dan ia menghimbau kepada seluruh warga agar saat akan melahirkan dapat menggunakan pasilitas RTK tersebut.

"Kepada warga lingkungan kecamatan pulomerak agar menggunakan pasilitas RTK dan tidak lagi bersalin dirumah apa lagi dengan petugas bersalin dukun,"Himbaunya.(Dewan).
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: