( Dine kien aMaD gawe kedeur ning wong asing. Gare2 ngerungu Trio Selawean ngobrol. Trio Selawean kuen Samsuri, Cipluk, karo Lilik )

Samsuri : " Wih Pluk, Mau Bengi mangan duren entek pire ?

Cipluk: "Alhamdulillah cuma mangan 3 doang.

aMaD : "La iku arane ore setia kawan, mase sekabeh mangan duren tapi kite mah di bageni Beton doang. Lamun ore di sebabaken ngelih mah wetenge ore bakalan tak pangan. Berhubung lagi ngelih La uwis geh tak pangan Betone..

( Barang ngerungu tak pangan Betone, wong asing jadi penasaran pengen weruh, terus nakon ning aMaD ngenggo bahasa indonesia urung pati lancar)

Turis: "Maaf, tadi saya mendengar ada yg mangan Beton? Apa kah mangan itu makan ?

aMaD : "emang benar Mister, Mangan itu makan, emng knp gitu Mister ?

Turis: "Wow,, luar biasa klw gitu, berarti tadi anda habis Makan Beton ya ?
Jadi anda ini orang sakti dong ?

( Barang ngerungu wong bule ngomong orang sakti, kusen bingung bari nakon )

aMaD : "Emng knp gt ko sakti sih mister ?

Turis: " Ya jelas sakti dong, di negara saya belum ada orang yg berani makan Beton, tapi anda sudah berkali kali makan Beton. Berarti anda betul2 sakti..

( Gareu2 turis kuen ngomong sakti bae, ahire aMaD kumat sombonge langsung nyaut )

aMaD : "Oohh,,, jadi mister baru tau ya kalo saya sakti. Saya bisa sakti gini kan belajar ilmu sama Mame yai Uyat selama 7 mulud. Apa mister pengen liat saya makan beton ?

Turis: "Wah, boleh tuh,,, saya juga penasaran pengen liat anda makan Beton.

( Ahire aMaD ngajak wong asing kuen ning umah mame yai Uyat, arep ngejaluk Beton sing bekas wingi. Barang wis tekang umah mame yai, aMaD langsung ngomong )

aMaD :"Meu, beton wingi kaen masih tah ? Keh ane turis pengen weruh kite mangan beton jereh meu...

Mame: "La iye masih kuh ning pawon, kan cuma sire doang sing doyan mangani beton mah...
( Barang ngerungu aMaD doang sing doyan mangani beton, Turis pun tambah yakin bae karo kesaktiane aMaD. Terus aMaD manjing ning pawon ngembil beton bekas wingi. Barang wis di jukut trus di gawa ning arep, laju di suguhaken ning turis, barang ngedeleng beton di suguhaken, turis langsung nakon..)

Turis: "Loh ko yg di bawa biji durian Meu? Kata nya aMaD itu suka makan beton.

( Bari bingung Mame ngejawab, soale ore weruh asal usule mangan beton kuen )

Mame: "Mister.... Kalo mister yg bilang, ini biji durian. Tapi kalo orang sini bilang biji durian itu BETON, begitu penjelasan dari Mame..
( Barang Ngerungu penjelasan mame, aMaD langsung melayu, terus turis kuen langsung mengumpat )

" Dasar orang ga pernah makan bangku sekolah, kenapa ga bilang dari tadi kalo Beton itu biji durian.

Kalo tadi tau mungkin saya tidak ketinggalan Pesawat..! ( Bule langsung ngejelasaken ning mame )

" Jadi begini meu, tadi saya kan mau ke bandara mau pulang ke belanda, trus saya ketemu sama aMaD dan teman2 nya sedang berbincang-bincang makan Beton. Saking penasaran pengen tau, jadi saya korban kan tuh tiket pesawat yg hari ini, ahir nya aMaD ngajak ke rumah mame ini. Soal nya di jakarta Beton itu kan bangunan kuat, masa sih aMaD bisa makan coran semen, iya kan meu ?

( Mame ore bise jawab, sing bise cuma kukur-kukur endas bari NGeuGeuReuMeuNG ning jero ati..

" Dasar aMaD yah, wong bule bae di Lelakar, sampe arep mudik ning belanda mah ore jadi...
Haarrruuuhhh.... aMaD doang yah..!!

--- S U A N G K U T - B A E ---
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: