seputarbanten.com-CILEGON, Kota Cilegon yang merupakan kota yang memiliki banyak kebudayaan seperti bahasa daerah atau yang biasa di sebut bebasan, makanan, tarian, Pencak Silat, benda pusaka dan masih banyak lagi.

Cilegon yang saat ini pesat pembangunan industri di khawatirkan kebudayaan cilegon terkikis oleh perkembangan dunia usaha. Seperti yang di ungkap Ketua Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) Kota Cilegon, Ahmad Sudrajat

Pria yang akrab dipanggil Ajat ini juga merupakan ketua yayasan Syekh Jamaludin Merak Mengaku, Kota Cilegon yang sudah menjadi kota industri perlu adanya tokoh budaya untuk terus melestarikan kebudayaan seperti yang dilakukan Uyat Novayatno atau yang disapa Mame Yai Uyat.

"Saya mendukung Mame Yai Uyat sebagai sosok yang selalu melestarikan kebudayaan kota cilegon, Sehingga kota cilegon yang sudah menjadi kota industri, Budayanya tidak hilang dan terus terjaga, saya berharap ada tokoh lainnya seperti mame,"Katanya saat di kunjungi Mame Yai Uyat Di kantornya

Selai itu, Ajat meminta masyarakat kota cilegon terus melestarikan bahasa daerah, seni pencak silat, tari dan makanan daerah kota cilegon yang menurutnya saat ini banyak dilupakan oleh generasi penerus, pelestarian budaya cilegon ini amat diperlukan Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Budaya Cilegon (LBC) yang setiap malam minggu selalu melakukan pagelaran seni dan budaya.

"Kebudayaan kota cilegon saat ini telah banyak di lupakan oleh generasi penerus oleh karnanya saya berharap banyak generasi muda yang mau menjadi tokoh budaya di kota cilegon yang melestarikan kebudayaan yang beragam ini,"Tuturnya.

Ajat, Juga mendukung adanya festival golok (Golok Day) yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 april 2016 di kota Cilegon dalam rangka memecahkan rekor muri dengan pemegang golok terbanyak dalam satu hari.

"Ini juga merupakan bentuk pelestarian kebudayaan yang dilakukan oleh pemerintah kota cilegon, Dan juga masyarakat, saya amat mendukung dan pada hari pelaksanaan nanti saya akan hadir meramaikan kegiatan tersebut,"Tegasnya.(Wawan.S)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: