seputarbanten.com-CILEGON, Masih dalam rangkaian HUT Kota Cilegon ke- 17, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar festival budaya lomba tradisional anak di depan Kantor Pemkot Cilegon, Kamis (28/4). Selain perlombaan tradisional, Disbudpar Cilegon juga menggelar festival kuliner di Halaman Gedung DPRD Cilegon.

Kegiatan tersebut dalam rangka menjadikan Kota Cilegon sebagai bulan kunjungan wisata, sekaligus melestarikan budaya Kota Cilegon.

Kepala Disbudpar Cilegon A. Bukhori mengatakan, pada bulan April ini Disbudpar banyak menggelar even, dikarenakan bulan ini dijadikan sebagai bulan kunjungan wisata.

Seluruh kegiatan menggunakan konsep bulan kunjungan wisata, semua stakeholder yang berkaitan dengan wisata bersatu semua untuk mendukung bulan kunjungan wisata,” ujarnya.

Bukhori menuturkan, pada lomba permainan tradisional anak, diikuti sebanyak 600 peserta perwakilan dari delapan Kecamatan Se Kota Cilegon dan delapan mata lomba dipertandingkan.

“Ada 8 perlombaan yang kita gelar, diantaranya, enggrang, boy-boyan, gobak sodor, bentengan, das-dasan, jingklongan, gatrik dan congklak. Pesertanya diikuti oleh tiap UPTD Pendidikan Se Kota Cilegon,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, salah satu kebijakan dalam pengembangan kebudayaan yakni upaya untuk menguatkan identitas dan kekayaan budaya local daerah yang bertujuan  untuk memperkenalkan, menguatkan dan mendorong kreativitas budaya masyarakat agar mampu berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Harapan kita semua, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Cilegon, khususnya bagi anak-anak kita,” kata Edi saat membuka acara.(Dewan).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: