seputarbanten.com-GEREM, Untuk mengatasi banjir di dua titik dilingkingan kelurahan gerem yaitu lingkungan komplek perumahan Angkatan Laut (AL) dan depan hotel pesona kepala kelurahan gerem, H.Samlawi berkomitmen untuk dapat mengurangi banjir dilingkungannya.

Sudah hampir tiga minggu terlihat Setiap hari jum'at, sabtu dan minggu, Samlawi bersama warga sibuk bergotong royong bersihkan saluran air (Drenase) di sepanjang jalan didua lokasi tersebut.

Menurut Samlawi, banjir yang terjadi dilingkungannya disebabkan karna aliran air disepanjang drenase tersumbat sampah, Akan tetapi drenase disepanjang jalan tersebut tertutup cor-coran.

"Drenase tersumbat sampah, akibat warga yang tidak peduli membuang sampah sembarangan,sehingga aliran kali yang menuju laut tersumbat dan meluap ke pemukiman warga, kalau sudah banjir semua saling menyalahkan padahal kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab dari masing-masing,"Katanya kepada seputar banten.

Karna keadaan tersebut, Hari ini (23/4) Samlawi bersama warga membuka cor-coran untuk membersihkan sampah dan juga saat cor-coran diangkat didapati drenase yang sudah mulai dangkal sehinggga mesti digali kembali.

"Selain tumpukan sampah drenase juga sudah dangkal sehingga saya perintahkan warga untuk menggalinya agar aliran air tidak lagi terhambat, dan warga tidak lagi kebanjiran saat hujan tiba,"Tambahnya.

Samlawi, berharap setelah drenase ini bebas dari sampah warga harus dapat merawatnya dengan tidak membuang sampah pada aliran air ini, sehingga keadaan seperti ini dapat bertahan lama.

"Kalau warga setelah bersih masih membuang sampah sembarangan maka persoalan banjir tidak akan pernah bisa selesai, saya berharap warga dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,"Harapnya

Sementara itu, Andi warga yang ikut gotong royong bersama warga akan saling mengingatkan satu sama lain agar tidak lagi membuang sampab sembaranga, ia melihat drenase yang banyak tersumbat sampah sadar akan pentingnya tanggung jawab warga dalam menjaga lingkungannya.

"Kita akan saling ingatkan untuk menjaga lingkungan karna kita melihat sampah di drenase ini sangat mempeihatinkan,"Tandasnya.(Dewan).
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: