Oleh : Alek Hine, S,Sos  

Konsultan & Management Perencanaan Pengembangan Pariwisata Banten  


Kampung Lebak bitung terletak di Desa Curuglemo Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, Lokasi tepatnya berada di antara gunung Karang , Gunung Kotok dan Gunung Asupan dengan hamparan pemandangan yang indah serta banyak di tumbuhi pohon kelapa , cengkeh dan albasiyah, Kampung lebak bitung berada di ketinggian kurang lebih 400 Dpl yang berudara dingin sejuk disamping itu masyarakat kampung lebak bitung cukup religius dengan masih memeggang nilai nilai keislaman.  

Disamping wilayah yang begitu indah dan berhawa dingin dan sejuk, kampung lebak bitung juga sarat dengan tradisi dan budaya local seperti kesenia pencak silat, Debus, atraksi gendang dan sebagainya. Salah satunya adalah kesenian  atraksi gendang saat acara pernikahan atau seserahan pengantin. dan Sampai saat ini masih tetap eksis serta terus dilaksanakan oleh masyarakat di kampung lebak bitung.  

Bahkan jika memungkinkan bisanya juga menggelar atraksi kesenian debus saat acara pesta pehelatan di kampung lebak bitung. Kesenian Debus sebagai salah satu kesenian khas masyarakat Banten yang hampir merata terdapat di seluruh kampung - kampung yang berada di Kab Pandegalang.

Sehingga Banten di sebut sebagai daerah Jawara oleh masyarakat di luar Banten. Tapi itu lahir dari kesenian masyarakat Banten secara turun temurun sejak kesultanan Banten di bawah Sultan Ageng Tirtayasa.oleh karena itu potensi - potensi yang ada di masyarakat baik alam maupun tradisi budaya hendaknya dapat segera di kembangkan oleh Pemkab Pandeglang khususnya Dinas pariwisata sebagai sebuah aset atau destinasi wisata di Kab Pandeglang.  
Atraksi gendang dalam seserahan pengantin dimainkan oleh beberapa orang dengan membawa gendang dan seruling khas  Banten.

Biasanya alat alat tersebut dimainkan jika ada pentas atraksi Debus tapi dalam acara seserahan juga dapat dimainkan tapi hanya musiknya saja tidak ada atraksi kesenian debusnya.dan para pemain di acara gendang seserahan pernikahan biasanya mereka pendekar - pendekar Banten yang biasa memainkan atraksi debus, dan tentunya sangat mahir dalam ilmu pencak silat.    
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: