seputarbanten.com-CILEGON, Untuk memastikan kelayakan bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) yang digunakan sebagai angkutan Lebaran 2016 nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelar Operasi Uji Petik Kelayakan Bus Mudik Lebaran di terminal terpadu merak. 
 
Kepala Dishub Kota Cilegon, Dana Sujaksani mengatakan, operasi Uji Petik Kelayakan Bus Mudik Lebaran akan dilakukan di beberapa terminal di Banten salah satunya di Terminal Merak. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2016 nanti. 
 
"Uji petik kelayakan bus angkutan Lebaran ini, akan dilakukan dari tanggal 30 sampai Jumat depan (3 Juni 2016-red). Kita laksanakan agar mudik mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan menuju kampung halaman," katanya,
 
Dana menjelaskan, Meski tanggal sudah ditentukan, Dana menjelaskan pihaknya belum memastikan uji kelayakan yang akan dilaksanakan menjelang arus mudik lebaran kali ini. Sebab, jadwal pemeriksaan bus itu diatur oleh Kemenhub yang dilakukan secara acak. 
 
"Yang pastinnya belum tau. Tapi dari tanggal 30 Mei sampai Jumat itu dilaksanakannya pemeriksaan kelayakan kendaraan," jelasnya. 
 
Sesuai ketentuan, Dana mengaku pemeriksaan yang akan dilakukan petugas meliputi kelayakan kaca kendaraan, lampu, ban dan rem kendaraan, termasuk kelengkapan bus yang ber AC. 
 
“Kendaraan yang tidak layak jalan, misalnya ban tipis, kaca kendaraan pecah, juga rem tidak berfungsi dengan normal dan kendaraan ber AC tidak dilengkapi dengan pemukul kaca,” Pengakuannua
 
Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) TTM pada Dishub Cilegon, Robbi Hidayat membenarkan rencana pemeriksaan kelayakan bus yang keluar masuk di TTM. Hal itu dilakukan dalam persiapan menyambut pelaksanaan arus mudik lebaran 2016 nanti. 
 
"Iya tapi untuk pelaksanaannya kita kabari lagi," katanya. 
 
Dalam persiapan mudik lebaran ini, Robbi mengungkapkan, selain melakukan Dalam persiapan mudik lebaran ini, Robbi mengungkapkan, selain melakukan pemeriksaan kendaraan, Dishub Cilegon juga sudah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir yang sudah dilaksanakan sepekan yang lalu. 
 
"Kemarin kita juga sudah melaksanaan pemeriksaan ratusan sopir bus. Diataranya, tes urin, pemeriksaan penyakit tidak menular. Itu kerjasama dengan Kemenkes," ungkapnya. 
 
Robbi menegaskan, upaya yang telah maupun yang akan dilaksanakan oleh Dishub itu dalam upaya memberikan rasa nyaman dan aman kepada penumpang. Khususnya pada saat arus mudik lebaran nanti. 
 
"Jika semua sehat dan kendaraan layak, maka penumpang akan merasa nyaman dan aman," tegasnya.(Dewan).
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: