seputarbanten.com-SERANG,Demi Memenuhi pencapean target perekaman dan percetakan, DKCS Kota Serang membuat sebuah program Mobile Keliling. Dengan tujuan, untuk mempermudah masayarakat membuat E-KTP, Akte Kelahiran, dan kartu keluarga agar masyarakat tidak terlalu menumpuk dan antri di kantor DKCS.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Hilfianto mengatakan, bahwa di daerah Kota Serang terdapat 623 ribu jumblah penduduk, dan baru hanya sekitar 20 ribu penduduk saja yang melakukan perekaman E-KTP. Sedangkan yang telah memiliki E-KTP hanya baru 10 ribu penduduk saja.

"Makanya kita melakukan jemput bola ini dengan membuat Mobile Keliling Perekaman dan percetakan. Tujuan untuk mencapai target perekaman serta percetakan pada tahun ini," ungkapnya kepada seputar Banten saat ditemui diruang kerjanya, (18/5).

Lanjutnya, untuk perekaman di percetakan di Mobile Keliling sendiri banyak peraturan yang tersedia. Pertama untuk perekaman E-KTP harus berusia 17 tahun dan memiliki nip atau tercantum dalam kartu keluarga.

"Selanjutnya harus ada lampiran KTP orang tua dan surat nikah orang tua. Supaya dapat terdata dengan benar. Apabila persyaratan perakaman ataupun percetakan sudah dilengkapi, tidak akan bertahun-tahun dan langsung jadi. Kalau sampai bertahun-tahun berarti dipusatnya sedang eror dan membuat kita menjadi bingung untuk menjelaskan kemasyarakat," paparnya.

Seperti diketahui, masih kata Hilfianto, mobile keliling perekaman dan percetakan sendiri baru dimulai dari bulan kemarin. Tapi dampaknya sangat berpengaruh terhadap masyarakat.

"Terbukti telah tercatat selama sebulan ini sebanyak 100 orang telah melakukan percetakan dan perekaman E-KTP. Makanya akan kita lakukan jemput bola ini sampai target terpenuhi," jelasnya.

Pantauan dilokasi, Mobile keliling perekaman dan percetakan dari DKCS Kota Serang hanya keliling diseputaran alun-alun saja. Alasanya, karena hanya di daerah alun-alun saja yang memiliki sinyal kuat untuk perekaman serta percetakan. (Andreas)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: