seputarbanten.com-Cilegon,P emerintah Kota Cilegon mengadakan pameran bursa kerja (Job Fair) di Joglo Sari Kuring Indah Cilegon, Selasa (24/05). Job fair  yang diikuti 25 perusahaan dengan 1062 lowongan pekerjaan ini dihadiri ribuan pencari kerja yang berasal dari Kota Cilegon dan sekitarnya.

Walikota Cilegon yang membuka job fair ini menjelaskan dalam sambutannya bahwa pembangunan di bidang ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional.

"Dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan Masyarakat Indonesia guna meningkatkan harkat dan martabat tenaga kerja serta mewujudkan Masyarakat sejahtera, makmur, merata dan berkeadilan, baik materil maupun spiritual, serta pada saat yang bersamaan harus dapat mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha," ungkapnya.

Menurut Iman kesenjangan antara rendahnya kompetensi dan keterampilan para pencari kerja bisa diatasi dengan memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan.

"Untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon, perlu adanya upaya bersama untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta penyampaian informasi mengenai lowongan pekerjaan kepada para pencari kerja, agar mampu memanfaatkan setiap kesempatan kerja ataupun usaha mandiri," tuturunya.

Lebih lanjut Iman meminta kepada kepala dinas tenaga kerja (disnaker) Kota Cilegon untuk meningkatkan kegiatan ini sebagai langkah nyata dalam penurunan angka pengangguran di Kota Cilegon.

"Kegiatan job fair ini perlu ditingkatkan untuk memangkas angka pengangguran di Kota Cilegon, saya minta kepada kepala dinsaker untuk meningkatkan kegiatan ini, kalau perlu kegiatan ini diadakan lebih dari sekali dalam setahun," jelasnya.

Mengenai perekrutan tenaga kerja oleh perusahaan. Iman meminta kepada perusahaan untuk mengoptimalkan tenaga kerja yang berasal dari Kota Cilegon.

"Saya berharap di Kota Cilegon tidak ada ketimpangan ekonomi dengan memberikan kesempatan bekerja kepada putra dan putri asal Kota Cilegon, Saya minta kepada kepala disnaker untuk bertindak tegas apabila ada pertimpangan perekrutan tenaga kerja, saya menolak tenaga kerja dari bangsa asing apabila dari bangsa kita sendiri masih banyak yang tidak mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi yang sama," katanya.

Kepala disnaker, Erwin Harahap menjelaskan tersenggaranya pameran job fair ini bertujuan untuk memberikan informasi ketenagakerjaan di Kota Cilegon dengan memfasilitasi tenaga kerja dengan perusahaan.

"Dalam upaya mengurangi pengangguran di Kota Cilegon, Pemerintah Kota Cilegon memfasilitasi dengan mempertemukan antara perusahaan dan pencari kerja, sehingga hal ini dapat mempercepat penyampaian informasi mengenai lowongan pekerjaan yang diinginkan oleh pencari kerja dan perusahaan sesuai dengan syarat, kualifikasi dan jabatan yang dibutuhkan," pungkasnya.(Ipul)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: