Oleh : Alek Hine,S,Sos
Konsultan & Management Perencanaan Pengembangan Pariwisata Banten


seputarbanten.com-BUDAYA, Kawasan wisata Cihunjuran terdapat pemandian mata air Gunung Pulosari yang berada di wilayah Kabupaten Pandeglang kecamatan Mandalawangi Desa Pandat tepatnya kampung Cihunjuran merupakan salah satu destinasi wisata kab pandeglang yang belum di kelola secara maxilam oleh dinas pariwisata kab pandeglang dikarenakan masalah dana yang tidak sedikit untuk merevitalisasai kawasan tersebut.

Namun demikian kawasan tersebut sudah sangat di kenal sampai keluar kab pandeglang karena kunikannya sebagai pemandian alam yang airnya bersumber langsung dari gunung pulosari, dan kawasan tersebut sangat ramai pada saat akhir pekan dan pengunjungnya berasal dari dalam maupun luar kab pandeglang.

Disamping tempat pemandian alam gunung pulosari, di kawasan Cihunjuran juga terdapat situs cagar budaya tertua di pulau jawa yang berupa batu menhir dan lingga peninggalan kerajaan Salakanegara tahun 130 M. Menhir tersebut hingga kini masih bisa terlihat di dekat kolam pemandian alam namun sayangnya peninggalan bersejarah tersebut telah merana karena tidak terawat dan sudah tidak terlihat lagi jejaknya sebagi peninggalan bersejarah tertua di pulau jawa.

Untuk membuat fungsi kawasan Cihujuran sebagai situs cagar budaya tentunya ada banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh Pemkab Pandegalng khususnya dinas pariwisata, tentunya tidak mudah dalam revitalisasi kawasan cihunjuran diperlukan sebuah metode pendekatan yang kreatif oleh dinas pariwisata pandegalng kepada masyarakat yang telah mendiami kawasan tersebut secara turun temurun.

Sosialisasi dan pemberian pemahaman yang mendidik dan humanis di perlukan agar pekerjaan yang berat ini bisa berjalan dengan lancer sehingga tidak ada konflik di kemudian hari. Kawasan wisata alam dan sejarah Cihunjuran dapat menjadi destinasi unggulan di masa yang akan datang bagi Kabupaten Pandeglang karena situs yang berada di Cihunjuran tersebut adalah situs tertua di pulau jawa bahkan lebih tua dari situs penginggalan sejarah kerajaan Tarumanegara di Bogor.

Untuk itu pelestarian dan perawatan kawasan situs sejarah dan pemandian alam Cihunjuran harus segera realisasikan oleh Pemkab Pandeglang khususnya dinas pariwisata guna terciptanya kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan tersebut.
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: