seputarbanten.com-MERAK, Di sebuah bukit didalam area pelabuhan penyebrangan ASDP merak, terdapat sebuah makom kramat, yaitu makom syekh jamaludin merak, setiap hari makom syekh jamaludin selalu ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah, seperti bogor, pandeglang, Lampung ,bandung.

Peziarah senang beziarah ke makom syekh jamaludin, lantaran meski ditengah hiruk pikuknya aktivitas pelabuhan makom syekh jamaludin bersih dan terawat.

Menurut iwan peziarah asal bandung mengaku ia senang berziarah di makom syekh jamaludin selain tempatnya yang bersih juga terdapat saung-saung untuk para beziarah bersilaturohmi.

"Saya belum pernah temukan tempat ziarah yang tidak ada pengemisnya, di makom syekh jamaludin ini tidak ada satu pun pengemis,"Katanya kepada seputar banten.

Selain itu, Tono pe-ziarah asal serang merasa senang berjiarah ke makom syekh jamaludin karna selain ia mendekatkan diri kepada sang pencipta dia juga dapat menikmati pemandangan laut dan aktivitas kapal di pelabuhan.

"Ziarah ke makom syekh jamaludin kita dapat menyaksikan pemandangan laut dan kegiatan di pelabuhan, sehingga kita dapat melihat langsung kebesaran Allah akan ciptaan alam semesta,"Ungkapnya

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Syekh Jamaludin, Ajat Sudrajat Mengaku untuk tetap menjaga keutuhan tempat ber-ziarah tersebut, ia meminta untuk para peziarah menjaga keutuhanan makom sehingga tempat tersebut tidak dijadikan ajang kemusyrikan.

"Untuk pedagang atau yang menempati daerah dekat makan, saya selalu menghimbau untuk ikut bersama-sama menjalankan ibadah ditempat tersebut,"Tuturnya.

Meski belakangan ini ada persolalan terhadap peziarah yang akan memasuki area pelabuhan meski meninggalkan Kartu Panda Penduduk (KTP), di pos penjagaan, Ajat menjelaskan pihaknya telah berkordinasi dengan manegement pelabuhan merak untuk tidak mempersulit pe-ziarah.

"Saya telah ber-kordinasi kepada pelabuhan untuk memberi kemudahan kepada pe-ziarah akan tetapi saya meminta kemudahan ini jangan di salah gunakan,"Jelasnya.(Dewan).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: