seputarbanten.com-MERAK, Pagi ini (26/5), terlihat kumpulan masa mendatangi PT.Lotte Chemical Titan Nusantara yang berada di Jalan Raya Merak Km. 116, Keluraham Rawa Arum Kecamatan grogol, masa yang datang mendesak untuk bertemu dengan manegemen perusahaan tersebut, Akan tetapi dihadang pihak keamanan.

Setelah melakukan lobi dengan pihak keamanan, masa tetap tidak diperbolehkan memasuki area pabrik. Mendapatkan penolakan masa melakukan aksi anarkis dengan membakar mobil truk pengangkut bahan kimia didepan area pabrik.

Team keamanan yang terdiri dari, Keamaanan pabrik Pihak Kepolisian polsek pulomerak, Polres cilegon, TNI, Dinas perhubungan laut dan Pemadam kebakaran (Damkar) dari PT.Titan serta Damkar pemkot cilegon, yang berada di lokasi, langsung menghalau warga dengan membubarkan masa dan memadamkan api.

Meski mengalami kendala disistem alat komunikasi, akan tetapi aksi masa tersebut dapat dibubarkan dan api dapat dipadamkan.

Aksi masa yang terjadi di PT.Titan tersebut merupakan, Sknario Drill Exercise Gabungan (ISPS CODE), yang merupakan kegiatan rutin, yang dilakukan oleh sembilan perusahaan kimia yang meliki jetti, dilingkungan kecamatan gerogol.

Menurut, Marijono General manager HR/HSS PT. Lotte Chemical Titan Nusantara kegiatan ini merupakan aturan yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan, aturan ini dikembangkan sebagai tanggapan terhadap ancaman yang dirasakan dapat terjadi terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan , atau yang kita sebut Statement Of Complay Port Facility (SOCPF) ISPS Code (International Ships and Port Facility Security Code) di lingkungan Perusahan kimia.

"Wajib melaksanakan exercise maksimal 18 bulan sekali serta selalu memperbaharui Port Facility Security Plan (PFSP) atau rancangan keamanan fasilitas pelabuhan,"Katanya

Marijono mengaku, kegiatan ini dalam rangka untuk mendapatkan sertifikasi International Ships and Port Facility Security Code (ISPS CODE) yang akan dikeluarkan oleh Dinas perhubungan laut.

"Dalam penilaian latihan gabungan ini, menurut team penilai dari Dinas perhubungan laut, sudah baik walau sedikit ada kendala,"Pengakuannya

Marijono mengaku, dilakukan kegiatan gabungan ini dilakukan karna untuk memperkecil biaya Sknario Drill Exercise Gabungan (ISPS CODE), yang jika dilakukan sendiri dananya cukup besar.

"Kita melakukan kegiatan gabungan 9 perusah kimia yang ada di kecamata grogol, hal ini untuk meringankan beban anggaran, kalau dilakukan sendiri pasti anggarannya gede,"Akunya.

Sementara itu, Nugroho Sekertaris Ap3b banten berharap kegiatan gabungan ini juga merupakan sebuah wadah agar terjalin kerjasama yang baik dan saling bertukar informasi perkembangan-perkembangan yang terjadi baik dilingkungan industri kimia di grogol, lingkup Nasional maupun Internasional

"Ini untuk menguji rangkayan keamanan dimasing-masing perusahan, terutama jaringan komunikasi yang berhubungan dengan PFSP dan SOCPF, sehingga jika terjadi hal-hal seperti tadi kita akan dapat menanganinya,"Harapnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: