Seputarbanten.com-Cilegon, Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon bekerja sama dengan Badan Latihan Kerja mengadakan pendidikan dan pelatihan program APBD Kota Cilegon yang dirangkaikan dengan program pelatihan berbasis kompetensi  APBN tahun anggaran 2016 di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon, Selasa (03/05).

Acara yang dibuka oleh Walikota Cilegon Tb. Iman Ariyadi ini bertujuan untuk mencari skill tenaga kerja di Kota Cilegon dan mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon diikuti 108 peserta yang berasal dari Kota Cilegon.

Dalam sambutannya Iman menjelaskan dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  dalam menghadapi era perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN, kita akan menghadapi persaingan di bidang ekonomi dan jasa. "Jalan keluar dari MEA adalah meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Cilegon, kita harus mampu mempersiapkan SDM yang terampil, cerdas dan kompetitif, pelatihan adalah suatu cara yang praktis, sistematis dan startegis untuk meningkatkan kompetensi SDM agar mampu mengantisipasi persaingan global yang akan semakin berat," ungkapnya.

Iman juga menjelaskan dunia tenaga kerja saat ini tumbuh ke arah kompetensi dan bukan lagi gelar akademik dengan berubahnya pola perekrutan tenaga kerja di beberapa perusahaan yang memberlakukan persyaratan dengan melihat kemampuan yang dibutuhkan perusahaan. "Melihat kenyataan tersebut, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilanpara pencari kerja agarmampu memanfaatkan peluang dan kesempatan kerja ataupun usaha mandiri. kompetensi menjadi suatu ujian yang harus kita respons bersama-sama, ini menjadi bagian dan kita harus mencari formula yang tepat untuk mendeteksi pengangguran dan dengan kehadiran Camat se-Kota Cilegon ini saya minta untuk mengklasifikasi pendidikan yang berbeda dari pengangguran Masyarakat Kota Cilegon," tuturnya.

Lebih lanjut Iman meminta kepada dinsaker dan pihak industri untuk bekerja sama dan berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon. "Saya berharap pendidikan dan pelatihan ini dilakukan secara berjenjang, hal ini agar kompetensi Masyarakat Kota Cilegon berjalan dengan baik. Komitmen pelaku industri untuk bisa memberikan dorongan baik CSR maupun perkembangan pelatihan di Kota Cilegon saya optimis dalam lima tahun ini angka pengangguran dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya, untuk menangani tenaga kerja saya meminta kepada industri untuk memiliki kemauan untuk melakukan rekruitmen dari SDM asli Kota Cilegon, tanpa ada kemauan dari pihak industri maka untuk mengurangi angka pengangguran akan sulit dilakukan" jelasnya.

Iman juga meminta kepada peserta pendidikan dan pelatihan untuk bisa mengikuti pendidikan dengan sebaik-baikinya agar tujuan dari pelatihan ini bisa tercapai. "Pemerintah ingin melakukan langkah konkrit dengan melakukan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri. Kepada peserta pendidikan dan pelatihan saya minta untuk memiliki motivasi dalam dirinya sendiri bahwa saya harus berubah agar perubahan pada diri sendiri bisa membangun karakter yang baik dan akan berguna nantinya," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon Erwin Harahap menjelaskan pendidikan dan pelatihan bertujuan agar kedepannya Masyarakat Kota Cilegon mampu bersaing dalam menghadapi MEA. "Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi khususnya di kejuruan las smaw, operator forklift, otomotif sepeda motor, komputer design grafis dan auto cad, serta menjahit agar dapat mengisi kesempatan kerja di industri maupun usaha mandiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi dirinya dan keluarganya dalam rangka menyiapkan kemampuan menghadapi pasar bebas MEA," pungkasnya.

Hadir pada pembukaan pendidikan dan pelatihan ini Kepala BPLK, Camat Se-Kota Cilegon dan pejabat Pemerintahan Kota Cilegon. (Ana)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: