seputarbanten.com-MERAK, Warga lingkungan Kavling baru II Rw 06 kelurahan lebak gede kecematan pulomerak, pagi tadi (20/5) mendapatkan sosialisasi bank sampah dari kelurahan yang bekerjasama dengan Rumah Zakat (Rz), Di gedung serbaguna Rw 06.

Kepada seputar banten, Kepala Kelurahan lebak gede, Suwandi menuturkan kegiatan bank sampah ini untuk menanggulangi permasalahan sampah yang ada dilingkungan lebak gede.

"Sebelumnya bank sampah ini pernah terbentuk akan tetapi tidak efektiv, oleh karnanya untuk bank sampah kali ini kami menggandeng pihak rumah zakat kota cilegon sebagai pendamping bank sampah warga,"Tuturnya

Suwandi menjelaskan, warga lingkungan kavling bari II nantinya akan membentuk pengurus bank sampah, dimana warga nantinya akan memilah sampah, baik yang argonik dan non organik yang memiliki nilai okonomis yang nanti akan ditabungkan yang hasilnya untuk warga sendiri.

"Rumah zakat dalam pengolaannya hanya sebatas pendampingan, kepada pengurus, jika pengurus sudah dapat mandiri dalam pengolaan sampah rumah zakat akan melepas pengurus untuk mengelola sendiri,"Jelasnya.

Suwandi, mengaku program bank sampah ini, merupakan program pertama di kecamatan pulomerak, dan berharap diikuti oleh lingkungan lain di kecamatan pulomerak.

"Kita memilih lingkungan kavling baru II ini, karna selama ini untuk manegement sampah dilingkungan tersebut sudah tertata, sehingga untuk melanjutkan ke-bank sampah lebih mudah,"Pengakuannya.

Suwandi berharap, dengan adanya bank sampah ini dapat menyelesaikan permasalahan sampah yang ada dilingkungan lebak gede, dengan cara mendaur ulang sampah.

"Sampah yang dapat memiliki nilai ekonomis nantinya akan dikumpulkan untuk dijual dan untuk sampah yang non organik akan dijadikan pupuk, sementara yang bisa dibuat untuk kerajinan tangan akan dibentuk dan didaur ulang,"Harapnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: