seputarbanten.com-PULOMERAK, Angkutan penumpang yang ada di pelabuhan Merak dan Terminal Terpadu Merak dinilai masih kurang memperhatikan keselamatan penumpang. Oleh karnanya perlu dilakukan pemeriksaan.

Menurut Drijen Hubunhan Darat (Hubdar) Puji Hartanto Iskandar, pemeeriksaan yang dilakukan itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan penumpang pada saat arus mudik Lebaran 2016 terjadi.

“Sesuai dengan target yaitu zero accident, makanya perlu ada persiapan lebih awal,” katanya

Sejauh ini, kata Puji pihaknya telah melakukan koordinasi dan pembahasan mengenai semua hal dan kemungkinan yang akan terjadi pada saat arus mudik terjadi.

“Dari rapat lintas sektoral sudah dibahas dan semua sudah siap, mungkin ada beberapa yang masih dalam tahap penyempurnaan, baik itu memperbaiki maupun memperindah itu sedang dilakukan untuk memberikan kenyamanankepada pemudik,” ujarnya.   

Adapun temuan dilapangan, Puji mengaku seperti salah satu kapal yang beroperasi di lintas Merak Bakuhuni tadi lanjutnya, pihaknya berhasil menemukan 13 item bermasalah dari ramcek yang dilakukan terhadap semua kapal yang ada.

“Saya minta tadi kalau diantara 13 ada dua yang fatal seperti sprinkel emergensi fire dan pompa untuk air dia menyemprot atau tidak. Seharusnya sebelum itu diperbaiki jangan dulu ada penumpang atau kendaraan yang masuk, jadi harus diperbaiki dulu setelah diperbaiki baru dia boleh jalan,” ujarnya.

Puji menambahkan untuk bus yang beroperasi juga masih banyak ditemukan adanya pelanggaran dan kurangnya alat keselamatan terhadap penumpang serta kelaikan kendaraan itu sendiri.

“Seharusnya bus-bus yang terbukti melanggar atau tidak melengkapi alat keselamatan tidak boleh beroperasi,” ujarnya.   

Kepala KSOP Banten Nafri mengatakan, yang berhak mengatakan kapal itu laik atau tidak ada nahkod kapal itu sendiri. Sebab, dialah orang yang paling mengetahui tentang semua kondisi kapal yang dikendarainya itu.

“Kita (KSOP) hanya melakukan tindakan benar tidak ucapan dari nahkoda itu, kalau kata dia laik dan kita periksa sesuai, ya sudah enggak ada masalah,” ujarnya.(Dewan)  
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: