seputarbanten.com-MERAK, Cuaca buruk belakangan ini menyebabkan harga ikan di pasar baru merak naik, kenaikan harga ini disebabkan sejumlah nelayan tidak me-laut.

Menurut barkah nelayan mabak kelurahan mekarsari kecamatan pulomerak, sudah satu minggu ia tidak dapat melaut untuk mencari ikan lantaran cuaca yang tidak bersahabat dan saat ini sedang tidaj musim ikan.

"Saat ini kegiatan kita hanya memperbaiki jaring, atau service mesin kapal, sambil menunggu keadaan cuaca kembali normal,"Tuturnya.

Akibat tidak melautnya nelayan dipantai mabak dan bojonegara, menurut ajat pedagang ikan pasar baru merak, harga ikan naik, kenaikan ini hampir disemua jenis ikan.

"Karna pasokan dari nelayan bojonegara dan mabak tidak ada, sehingga kami terpaksa mengambil ikan dari jakarta,"Jelasnya.

Akibat hal tersebut, kenaikan harga ikan, Jajat mengaku mulai dari Rp 3000 hingga Rp 5000 untuk semua jenis ikan.

"Yang semula Rp.25000 kini menjadi Rp.30.000, kita terpaksa menjual dengan harga segitu, karna kita juga kesulitan mencari ikan,"Pengakuannya (18/6)

Akibat kenaikan yang begitu tinggi, menurut Jajat, Berpengaruh pada pembeli yang sepi.

"Pembeli sepi mas, sampe siang ini aja ikan masih banyak, mungkin karna pengaruh harga yang tinggi,"Katanya.

Ditemui,Wati pembeli yang sedang menawar harga ikan, dengan kenaikan ini ia harus menawar dan harus mencari ikan yang harganya kejangkau saja.

"Mau gimana mas, harga ikan naik, meski begitu saya harus tetap beli ikan, tetapi mesti menawar atau memilih ikan yang harganya kejangkau kantong,"Tungkasnya.(Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: