seputarbanten.com-CILEGON, Dalam pengawasan tenaga kerja asing yang dipekerjakan oleh industri dikota cilegon, Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Cilegon meminta seluruh elemen masyarakat untuk membantu dalam pengawasannya.

Kepada seputar banten, kepala disnaker kota cilegon Erwin Arahap, diruang kerjanya menuturkan jumlah pengawas dilingkungannya amat terbatas dan tidak sesuai dengan jumlah industri yang ada dikota cilegon, sehingga bantuan dari masyarakat amat diperlukan.

"Pengawas disnaker hanya berjumlah 8 orang sementara industri yang
ada dikota cilegon baik beser,sedang dan kecil berjumlah 1200 perusahan, tidak memungkinkan petugas dapat mendatangi perusahan tersebut dalam setahun dengan jumlah petugas yang ada,"Tuturnya

Melihat jumlah perusahan yang begitu banyak, Erwin menegaskan tidak menutup kemungkinan adanya pekerja asing yang menyalahi persedur, oleh karnanya ia meminta semua elemen masyarakat untuk ikut membantu dalam pengawasannya.

"Lsm,Media dan masyarakat diharapkan dapat membantu mengawasi adanya pekerja asing yang menyalahi aturan, dan dipekerjakan di dalam industri dikota cilegon, sementara pengawas dari disnaker belum dapat menjangkau industri tersebut, dan masyarakat dipinta untuk melaporkan hal tersebut kepada disnaker,"Tegasnya.

Selain meminta bantuan masyarakat, Erwin mengaku, Disnaker kota cilegon juga telah memberikan surat edaran walikota cilegon terkait aturan mempekerjakan orang asing diperusahannya, sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan dan keputusan mentri tenaga kerja dan trasmigrasi nomer 40 tahun 2012.

"Kita telah memberikan surat edaran walikota cilegon tentang aturan mempekerjakan orang asing didalam perusahaan,kepada seluruh perusahaan yang ada dikota cilegon,"Pengakuannya.

Erwin, Akan menindak tegas perusahaan yang melanggar aturan dalam mempekerjaan orang asing didalam sebuah perusahaan.

"Jika ada temuan atau laporan kemasarakat adanya perusahan yang mempekerjakan orang asing namun melanggar aturan, disnaker akan langsung menyikapi dengan memberikan tindakan tegas,"Jelasnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: