seputarbanten.com-CILEGON, Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kementrian sosial (Kemensos) republik indonesia, sejak tahun 2013 melakukan pemberdayaan masarakat melalui Famili Care Unit (FCU).

Tujuan dari dibentuknya FCU, untuk menampung memasilitasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, program FCU hampir sama dengan program yang ada didinas sosial.

FCU di setiap provinsi di indonesia di dirikan satu, dan untuk provinsi banten FCU di bentuk di kota cilegon tepatnya di kelurahan citangkil kecamatan citangkil.

Menurut sekertaris kelurahan citangkil, Anton dipilihnya kelurahan citangkil oleh kemensos sebagai wakil provinsi banten, dikarnakan letak wilayah kelurahan citangkil yang berdekatan dengan pusat kota cilegon.

"Selain itu padatnya penduduk dikelurahan citangkil, serta penduduknya yang hitrogen menjadikan kelurahan citangkil dipilih untuk dibentuk FCU,"Tuturnya saat ditemui diruang kerjanya (17/6)

Anton mengatakan dengan adanya FCU ini, peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama pada usaha kecil yang diciptakan oleh kelompok-kelompok FCU.

"Telah banyak bantuan kepada masyarakat melalui program FCU, terutama pada usaha kecil untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat,"Katanya

Disisi lain kasi sosial (Kesos) kelurahan citangkil, Nurul Khotimah menjelaskan program dari FCU kelurahan citangkil sebagian besar sama dengan program yang ada di dinsos kota cilegon.

"Seperti mendata dan mengajukan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sampai dengan mendapatkan bantuan, akan tetapi FCU lebih kearah pemberdayaan masyarakat seperti membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube),"Jelasnya

Lebih lanjut, Nurul menerangkan dari program FCU yang berkesinambungan, melalui keluarga yang membutuhkan (Keluarga Plasma), dan menciptakan keluarga yang mandiri (Keluarga Pionir), yang kemudian dapat membina keluarga plasma berikutnya.

"Kita telah membentuk Kube seperti mengolah makanan anek kue, Kripik dan sate bandeng, yang sampai saat ini terus berjalan,"Terangnya.

Nurul mengaku, Kube yang dibentuk FCU ini telah memdapatkan sorotan dari tingkat nasional, seperti kube FCU citangkil yang diundang ke provinsi lombok untuk memperkenalkan yang dihasilkan dari kube tersebut.

"Sebelum bulan romadhon kemarin (Mei 2016) Kube bentukan FCU diundang ke provinsi lombok,"Pengakuannya.(Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: