seputarbanten.com-SERANG, Penelitian yang dilakukan oleh, Rizqy Abdullah, NurusyifaJurusan Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng TirtayasaJl. Raya Jakrta KM. 4 Pakupatan, Serang-Banten Sungai cibanten memiliki fungsi dan nilai untuk kesejahteraan manusia dan kehidupan liar yang hidup di dalam sungai.

Kegiatan manusia yang memanfaatkan air sungai dan membuang sampah/limbah ke sungai Cibanten dapat menurunkan kualitas air sungai Cibanten menjadi turun.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas air Sungai Cibanten berdasarkan factor biologi, factor fisika dan kimia air sungai.Penelitian dilakukan di empat (4) titik di sepanjang Daerah Aliran Sungai Cibanten bagian setelah Situ Cibanten pada 7 Mei 2016. Hasil menunjukkan jika air sungai Cibanten telah tercemar.

Secara umum, kualitas air sungai Cibanten di stasiun 1 – 3 masih dapat dipergunakan sebagai air untuk peruntukkan kelas 2 (PP.No.82/2001) dengan kualitas air tercemar ringan. Namun air sungai di stasiun 4 hanya untuk diperuntukkan kelas 3 dan 4 dan di kategorikan tercemar parah.

Seperti diketahui, sungai itu merupakan ekosistem yang sangat penting bagi manusia, dan sungai juga memberikan protein hewani seperti ikan dan udang. Sungai di beberapa tempat,

misalnya di Kalimantan dan sumatera, dipergunakan penduduk setempat sebagai prasarana transportasi.

Selain itu sungai juga menyediakan air bagi manusia untuk berbagai kegiatan seperti idustri, pertanian maupun domestik.Sungai cibanten merupakan sungai lintas kabupaten atau kota denga hulu berpangkal di Gunung Karang Kabupaten Pandeglang, melintasi Kabupten Serang dengan panjang sungai hingga 35 km dan luas Daerah liran Sungai mencapai 194 km.

Sungai ini memiliki fungsi dan nilai yang sangat tinggi bagi kehidupan manusia dan hidupan liar. Sayangnya, kegiatan manusia dapat berdampak menurunkan kualitas air sungai Cibanten. Penurunan kualitas air Sungai Cibanen pada akhirnya akan menurunkan fungsi dan nilai ekosistem Sungai Cibanten bagi manusia dan hidupan liar yang ada di dalam sungai.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas air Sungai Cibanten berdasarkan factor biologi, factor fisika dan kimia air Sungai Cibanten.(Teguh)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: