seputarbanten.com-BUDAYA, Cibanten merupakan perairan tergenang yang terletak di Ciomas Kabupaten Serang. Perairan ini merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang sangat penting karena dapat menunjang  keberlangsungan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan perkotaan dan industri disekitar wilayah Banten. 

Hal ini berdasarkan penelitian dari Hanifa Shaliha salah satu mahasiswa Untirta (Universitas Sultan Agung Tritayasa).

Umumnya masyarakat sekitar menggunakan Situ Cibanten sebagai tempat mandi dan mencuci, limbah cair maupun padat langsung masuk kedalam perairan tersebut sehingga Situ Cibanten memiliki kecenderungan menurunnya kualitas air perairan tersebut, hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang berdomisili disekitar situ Cibanten.

Potensi pencemaran di situ Cibanten diperkirakan tinggi, hal ini dapat diprediksikan dari limbah yang terdapat di situ Cibanten.

Meningkatnya aktivitas penduduk sekitar disekitar situ Cibanten dan bertambahnya pemukiman masyarakat disekitar situ Cibanten akan mempengaruhi bertambahnya pencemaran kualitas air di situ Cibanten.

Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa semester 4 Perikanan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang Banten, pada 7 Mei 2016 di Perairan Situ Cibanten, Desa Sukaberes Kampung Masigit Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang.

Aktivitas masyarakat sekitar Situ Cibanten sangat mempengaruhi kondisi kualitas perairan yang ada disekitar Situ Cibanten. Kebutuhan manusia akan air semakin meningkat karena aktivitas dan jumlah masyarakat yang semakin meningkat.

Namun aktivitas manusia banyak memanfaatkan bahan kimia buatan dan umumnya  bahan kimia dan kotoron umunya akan dihanyutkan kedalam badan air, sehingga hal ini akan semakin menambah pencemaran diperairan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tingkat pencemaran di perairan Situ Cibanten tergolong ke dalam tercemar berat.

Tingkat pencemaran ini dapat dikaitkan dengan keanekaragaman ikan dan benthos disekitar perairan. Tingkat keanekaragaman organisme ikan dan benthos di Situ Cibanten tergolong rendah hal ini diperkirakan karena terjadi pencemaran pada perairan Situ Cibanten.

Pencemaran di Situ Cibanten tergolong berat hal ini diperkirakan karena banyaknya aktivitas masyarakat disekitar perairan Situ Cibanten.

Oleh karena itu perlu adanya upaya pelestarian kawasan Situ Cibanten, karena mengingat Situ Cibanten merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang sangat penting karena dapat menunjang  keberlangsungan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan perkotaan dan industri disekitar wilayah Banten.(Andreas)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: