seputarbanten.com-PULOMERAK, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) mulai mencatat kenaikan jumlah penumpang baik penumpang pejalan kaki, kendaraan roda dua, maupun roda empat pribadi dari Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju kampung halamannya, Selasa (28/6) atau H-8 lebaran tahun ini.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, AKP Nana Sutisna mengatakan, dari hasil pantauannya jumlah penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi yang hendak melaksanakan arus mudik mulai mengalir masuk ke Pelabuhan Merak.

"Pantauan kami penumpang yang akan melaksanakan arus mudik ini sudah terlihat dari hari kemarin (Senin dan Minggu-red). Tapi tidak mengalami kepadatan, kedatangan mereka mengalir, tidak serentak," katanya,

Menurut Nana, adanya peningkatan volume jumlah penumpang di Pelabuhan Merak ini, pihaknya mengantisipasi adanya kerawanan kejahatan musiman dan adanya kecelakaan di Pelabuhan Merak.Cara mengantisipasinya yaitu dengan mengoptimalkan pengamanan dan pengawasan di Pelabuhan.

"Dari mulai pintu masuk utama, terminal merak, tempat pembelian tiket penumpang pejalan kaki, gangway kita amankan untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan seperti jambret. Selain itu, kita juga mengantisipasi adanya kecelakaan diarea Pelabuhan, titiknya di pintu masuk utama kendaraan, dan jalur dermaga tiga. Dititik itu sering terjadi kecelakaan, khususnya kendaran roda empat," ujarnya.

Sementara itu, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo mengatakan, pada H-8 Lebaran penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan mulai meningkat. Meskipun penumpang tersebut belum signifikan karena belum semua perusahaan memberikan tunjangan hari raya (THR).

"Kemungkinan arus pemudik terjadi pada H-3 dan H-2 berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya hingga mencapai 90 ribu penumpang," katanya.(Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: