seputarbanten.com-CILEGON, santan kelapa, atau sari dari perasan ampas kelapa, dibulan puasa biasanya menjadi idola pecinta makanan berkuah santan, seperti es campul, aneka macam kolak, bubur dan lain-lain.

Seperti halnya, dihari pertama bulan puasa (6/6), terlihat serbuan pembeli dibeberapa kios kelapa parut, yang berada di pasar pagebangan cilegon, beberapa pedagang kelapa parut telah banyak menjual perasan air ampas kelapa tersebut.

Jaka pedagang kelapa parut yang berada di pinggir rel kereta api pasar pagebangan, mengkui omset penjualan santan kelapa dihari pertama ini mengalami peningkatan yang cukup besar.

"Untuk hari ini saya telah menjual lebih dari 50 kantong plastik santan kelapa, jika dihari biasa berjualan sampai dengan siang, paling banyak hanya laku 10 sampai 15 kantong saja,"Pengakuannya kepada seputar banten seusai melayani pembeli.

Meski demikian, Jaka tetap mengeluh lantaran tahun kemarin dipertengahan bulan puasa, obset penjualan santan kelapa ini, mengalami penurunan.

"Kemungkinan dipertengahan puasa, masyarakat jenuh dengan makanan yang bersantan, sehingga setiap awal bulan puasa saja kami mengalami peningkatan omset,"Jelasnya.

Akan tetapi, Jaka tetap bersukur dengan pengasilan yang ia peroleh setiap tahunnya, ia pun berharap penjualan santan kelapa ditahun ini (2016) dapat terus meningkat sampai akhir puasa.

"Semoga saja tahun ini, penghasilan kami terus saja seperti di awal sekarang ini, agar kami dapat berlebaran dengan keluarga,"Harapnya

Sementara itu, Yuni pembeli yang ditemui seputar banten, menuturkan setiap bulan puasa ia rutin membeli santan tersebut, untuk dijadikan olahan makanan berbuka.

"Keluarga saya jika puasa, sangat senang makanan yang bersantan, seperti kolak pisang, sehingga untuk membeli santan kepala menjadi rutinitas jika berbelanja,"Tuturnya

Yuni, menjelaskan, kemungkinan banyaknya santan kelapa kemasan yang dapat dibeli diwarung atau supermarket menjadikan penjualan santan kelapa berkurang.

"Biasanya kalau dipertengahan puasa kita suka malas untuk kepasar, sehingga untuk santan kita gunakan santan instan yang ada diwarung,"Jelasnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: