seputarbanten.com-CILEGON, Guna meminimalisir angka kecelakaan, dan pelanggaran lalu lintas di sepanjang Jalan Lingkar Selatan, Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Cilegon memasang ratusan rambu-rambu lalu lintas disepanjang jalan alternatif Cilegon-Ciwandan tersebut, Rabu (27/7).

Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Darat Dishub Kota Cilegon Fatur R Sadly mengatakan memasang pada tahun 2016 ini ratusan unit rambu dan tanda peringatan akan di pa­sang disepanjang JLS.

Pemasangan ini meru­pakan tanda bagi pengguna jalan sekaligus untuk memi­nimalisir terjadi kecelakaan dan pelanggaran.

"Pemasangan itu bagian dari sosialisasi kami kemasyarakat agar menjaga budaya ke­amanan dan keselamatan ber­lalu lintas. Hal ini harus kita dorong ke tengah-tengah masyarakat," katanya

Menurut Fatur, pada Rabu (27/7) ini, dari ratusan rambu yang akan dipasang, pihaknya baru memasang sebagian rambu terdiri dari cermin cem­bung 8 unit, Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) sebanyak 10 unit, serta belasan rambu larangan parkir dibahu jalan.

"Pemasangan rambu ini kita lakukan secara bertahap dan kita harapkan penguna jalan atau masyarakat bisa menjaga rambu-rambu dan tanda pe­ringatan jalan raya yang kita pasang itu," ujarnya.

Fatur mengungkapkan, sepanjang tahun 2016 ini, pihaknya sudah melakukan penilangan terhadap puluhan kendaraan, khususnya kendaraan-kendaraan besar. Adapun pelanggaran yang dilakukan diantaranya, kendaraan yang kelebihan muatan dan kendaraan yang melakukan parkir sembarangan.

"Dari Januari hingga sekarang dari catatan kami ada sekitar 58 pelanggaran yang sudah kita tangani," ungkapnya.

Untuk itu, Fatur menambahkan, ketersediaan rambu-rambu jalan sangat penting bagi pengendara. Sebab rambu itu akan menjadi acuan berkendara di jalan. Terlebih, kota Cilegon merupakan perlintasan.

"Kelengkapan rambu-rambu lalu lintas sudah menjadi keharusan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dishub Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, pemasangan rambu-rambu di JLS selain merupakan keharusan setiap jalan sebagai penunjuk, juga realisasi dari keluhan warga yang meninginkan adanya rambu-rambu lalulintas di setiap perempatan. 

"Ini tindak lanjut atas keluhan warga yang meminta rambu-rambu di setiap perempatan JLS," katanya. (Teguh)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: