seputarbanten.com-MERAK, Paska arus mudik lebaran idul fitri 2016, terminal terpadu merak (TTM) dan pelabuhan angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) merak, kali ini akan disibukan dengan arus balik penumpang yang akan kembali ke kediamannya.

Dari pantauan seputar banten di H+1 dan H+2 Hari ini arus balik penunpang baik di pelabuhan maupun di terminal merak, masih normal, dari data yang didapat dari petugas UPTD terminal merak penumpang yang turun dan naik dari kemarin (7/7) hingga hari ini (8/7) pukul 8:00 wib didapatkan jumlah bus yang masuk terminal merak sebanyak 410 unit dengan jumlah penumpang 3567 orang, sementara jumlah bus yang berangkat dari terminal sejumlah 396 unit dengan jumlah penumpang 3515 orang.

Sementara menurut kepala UPTD TTM, Robi Hidayat Lonjakan arus balik akan terjadi pada malam ini (8/7), diperkirakan lonjakan penumpang akan mengalami kenaikan hingga 30 sampai 40 persen dari jumlah hari ini.

"Kita perkirakan malam ini akan ada lonjakan, dan di perkirakan lonjakan akan mencapai 30 sampai 40 persen dari data hari ini,"Tuturnya setelah menerima drijen perhubungan yang memantau kesiapan arus balik (8/7)

Untuk mengantisipasi lonjakan,Robi menjelaskan pihaknya telah berkordinasi dengan perusahaan bus reguler yang akan mengangkut penumpang pada arus balik, agar mempersiapkan busnya dalam mengantisipasi lonjakan yang akan terjadi.

"Kita telah siapkan 520 bus dan 100 bus cadangan yang akan membawa penumpang jika nanti terjadi lonjakan, sementara untuk bus yang saat ini berada di dalam terminal ada 100 bus, yang siap membawa penumpang pada hari ini,"Jelasnya

Sementara itu, kordinator wilayah pelabuhan merak dari OPP, Sugiyo mengaku pada arus balik pelabuhan tidak kerepotan dalam mempersiapkan lonjakan terjadi, har ini dikarnakan sifatnya pelabuhan merak hanya menampung penumpang.

"Tidak seperti kemarin, dalam arus balik pelabuhan merak hanya menampung penumpang saja,"Pengakuannya

Jika terjadi lonjakan penumpang pun, Sugiyo menegaskan, pelabuhan akan mengoprasikan kapal sebanyak 30 kapal yang akan beroprasi dari yang biasanya 27 kapal.

"Hanya kita kurangi waktu saat bongkar muat kapal yang biasanya satu jam kita kurangi menjadi 35 menit,"Tegasnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: