seputarbanten.com-CILEGON, Pencari kerja di Kota Cilegon tinggi namun lowongan pekerjaan yang ada sedikit. Demikian disampaikan oleh Kasi Pelatihan dan Penempatan Kerja Disnaker Cilegon Retno.

Memurut Retno hingga kemarin ada sebanyak 4.312 pencari kerja yang datang ke Disnaker dengan jumlah laki-laki sebanyak 2.788 dan wanita sebanyak 1.524

"Kalau sebelum Lebaran baru ada dari PT Indorama itu juga cuma satu, paling sama beberapa perusahaan lain yang jumlahnya lowongannya juga enggak banyak,”ujarnya

Kabid Pelatihan dan Penempatan Kerja Mukhibin mengatakan, banyaknya angka pengguran di Kota Baja lantaran sumber daya manusia (SDM) yang ada tidak mumpuni sehingga kalah saing dengan tenaga kerja asing yang banyak dipakai oleh perusahaan.

“Sebetulnya ada sanksi penutupan terhadap perusahaan yang tidak memberikan informasi ada lowongan pekerjaan di perusahaannya, tapi itu terlalu berat,” katanya.   


Sebetulnya kata Mukhibin , perusahaan tidak boleh merahasiakan atau tidak memberikan informasi bukaan lowongan pekerjaan kepada pihaknya.  Sebab dari laporan yang masuk itu kemudian Disnaker bisa mengumumkannya ke publik untuk kemudian mencari siapa saja yang cocok dan pas untuk di tempatkan di perusahaan itu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki si pencari kerja tersebut.

“Enggak boleh kalau perusahaan yang merekrut karyawan tanpa memberitahukan kepada pihak Disnaker,” katanya.   

Mukhibin mengakui, serapan tenaga kerja di Cilegon memang tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja.

“Karena perusahaan di kita padat modal bukan padat karya. Yang namanya latihan paling sebulan dua bulan, tapi pembentukan mental yang lebih penting. Makanya kita minta bantuan kepada Dinas Pendidikan untuk membentuk karakter dan mental pelajar,” tukasnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon,Tb Iman Aryadi memanggapi Hal tersebut, berencana dalam jangka panjang Jalur Lingkar Utara (JLU) Akan Dijadikan Daerah untuk Industri Padat Karya.

"Rencana kedepan untuk menyerap tenaga kerja, wilayah JLU akan kita jadikan daerah industri padat karya,"Jelasnya.(Teguh)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: