seputarbanten.com-MERAK, Kuli panggul atau yang biasa disebut kuli merah yang berada diterminal merak dan pelabuhan merak, yang membantu penumpang membawakan barang bawaannya hingga masuk kapal, atau turun kapal, setiap musim mudik lebaran akan mendapatkan penghasilan lebih dari biasanya.

Seperti yang diungkap Parno, kuli merah terminal merak menuturkan pada hari biasa ia hanya mendapatkan penghasilan seratus ribu rupiah perhari,namun pada musim arus mudik bisa mengantongi duit hingga lima ratus ribu rupiah per jari

"Lumayan lah pak,kalau hari biasa kita kadang dalam satu hati hanaya mendapatkan seratus ribu bahkan dibawahnya, tapi kalau pada musim mudik kita bisa bawa pulanag kisaran 300 ribu sampai 400 ribu rupiah setiap harinya,"Tuturnya.

Meski mendapatkan penghasilan lebih pada musim mudik, namun Parno tetap mengeluh, karna selain kuli merah yang melakukan kegiatan membantu penumpanag,adapula anggota pramuka yang membantu penumpang dengan iklas.

"Katanya sih anggota pramuka ini, ada kerjasama dengan pihak UPTD Terminal, Tapi dengan adanya mereka ini,kami kekurangan pemasukan apalagi mau lebaran,"Keluhnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Terpadu Merak (TTM), Robi Hidayat mengaku keberadaan anggota pramuka ini untuk membantu kuli merah tersebut,karna ngebeludaknya penumpang dengan keternatasan kuli merah pastinya akan kewalahan.

"Dengan adanya anggota pramuka diterminal dapat meringankan kuli merah,karna yakin dengan ngebeludaknya penumpang pasti akan kewalahan kuli merah,selain anggota pramuka kita juga siapkan mobil untuk kedalam pelabuhan bagi penumpang secara gratis, agar karna tukang ojek didalam terminal juga kurang,"Pengakuannya.

Sementara itu, Yanti penumpang asal tanggerang dengan keberadaan kuli merah tersebut,dapat membantu penumpang yang membawa barang bawaan yang cukup banyak.

"Jarak antara terminal dan pelabuhan yang cukup jauh, membuat keberadaan kuli merah ini dapat membantu kami,"Ujarnya.(Dewan)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: