sepeutarbanten.com-GEREM, jalan tenbus dari lingkungan dermaga malang Rt 01 Rw 11 menuju lingkungan gerem kulon Rt 03 Rw 5 atau sebaliknya dikelurahan gerem kecamatan grogol, yang semula jalan tersebut merupakan jalan tanah, yang dikala musim hujan warga dilingkungan tersebut mengeluh karna becek.

Saat ini melalui program padat karya dari pemerintah kota cilegon, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan gerem dan warga sekitar, jalan tersebut sedang dibangun paving block.

Menurut sekertaris LPM kelurahan gerem, Muttaqin untuk membangun paving tersebut dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) menghabiskan dana hingga 12 juta rupiah, namun karna ada keinginan warga untuk menambah panjang jalan yang dibangun warga melakukan swadaya.

"Dalam RAB pengerjaan jalan tersebut hanya panjang 150 meter dan lebar 100 meter, karna permintaan warga untuk menambah pembangunan jalan menjadi panjang 220 meter dan lebar 120 meter, dengan tambahan anggaran dari swadaya warga," tuturnya.

Kata Taqin, Dari anggaran padat karya sebesar 150 juta rupiah, pihaknya akan membangun paving block dan drenase dilima titik dikelurahan gerem, yang diantaranya pemasangan paving block di lingkungan dermaga malang Rw 11 (220 m), lingkungan kalibaru Rw 02 (500 m), lingkungan gerem raya Rw 04 (200 m), batu lawang Rw 09 (150 m) dan drenase dilingkungan gerem kulon.

"titik-titik yang kita pilih sudah melalui proses survey, berdasarkan kebutuhan warga sekitar," katanya

Taqin menjelaskan dari anggaran padat karya yang berjumlah 150 juta rupiah, tidak semuanya dipergunakan untuk membangun fisik namun ada juga anggaran yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan penguatan lembaga.

"Dari 150 juta rupiah anggaran, kita membaginya menjadi tiga program, diantaranya pembangunan fisik 125 juta rupiah dan sisanya 25 juta rupiah adalah untuk memberikan pelatihan scurity kepada 3 orang warga dan penguatan kelembagaan,"jelasnya

Sementara itu, Ketua Rt 01 Rw 11 Samani, mengaku program tersebut sangat membantu warga sekitar terutama yang saat ini serang dilakukan dilingkungannya.

"Program ini sangat membantu, terutama pembangunan fisik, karna lingkungan dikelurahan gerem masih banyak jalan-jalan yang masih tanah," pengakuannya

Diungkap Samani, Warga dapat menjaga dan merawat jalan yang telah dibangun nantinya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: