seputarbanten.com-CILEGON, Badan Urusan Logistik (Bulog) sub Drive Serang - Cilegon pastikan stok beras untuk masyarakat miskin di Serang dan Cilegon aman. Sebab, hingga kemarin perusahaan BUMN ini masih menggunakan beras lokal dengan jumlah 11ribu ton.

Kepala Bulog sub Drive Serang-Cilegon Sri Hardiani mengatakan, hingga kemarin pihaknya masih menggunakan beras lokal dan belum mengajukan tambahan kuota beras untuk disalurkan kepada masyarakat. Dengan begitu, stok atau persediaan raskin untuk wilayah Cilegon, Kavupaten Serang dan Kota Serang masih aman.

"Kalau untuk stok beras ada 11 ribu ton untuk stok selama delapan bulan ke depan. 1.300 ton perbulan, jadi cukup untuk delapan bulan ke depan. Untuk sekarang kita masih lokal dan belum ada masuk yg lain. Karena masih panen untuk lokal belum impor," katanya kemarin.

Kata Sri kalau persediaan beras yang ada mulai menipis dan diperkirakan tidak mencukupi, pihakna akan langsung mengajukan tambahan kuota kepada pemerintah. Mengenai mekanisme pengadaan stok beras termasuk impor, semuanya adalah kewenangan pemerintah pusat tanpa ada keterlibatan dari daerah.

"Kita ditargetkan 4 juta ton dan itu semuanya ada dipusat. Kalau didalam satu tahun tidak mencukupi itu keputusan pusat. Kalau didaerah enggak ada sama sekali karena kami hanya menerima saja," tukasnya.

Kalaupun ada kekurangan stok beras, hal itu akan menjadi pembahasan dari pusat dengan melibatkan kemeterian dan pihak bulog untuk mencari solusi terbaiknya seperti apa. Dengan begitu, persediaan untuk beras-beras didaerah bisa tetap terjaga tanpa ada pengurangan jatah.

"Kalau pengadaan dalam negerinya tidak mencukupi nantikan ada Presiden, Menteri dan perum Bulog untuk merumuskan berapa yang harus negara amankan, berapa yang harus impor," ujarnya.

Untuk pendistribusian raskin kata dia, pihaknya telah memperoleh data dari tiga wilayah tersebut.

"Setelah dijumlahkan, bulog masih memiliki stok yang cukup tanpa harus mengusulkan ke pusat. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu khawatir," tutupnya.(Ipul)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: