seputarbanten.com-MERAK, Dalam rangka menyiapkan data kependudukan menghadapi pemilihan gubenur (Pilgub) Banten 2016, kelurahan mekarsari kecamatan pulomerak saat ini tengah disibukan dengan pengumpulan data petugas pemutahiran data penduduk (PPDP) disetiap lingkungan Rukun Tangga (Rt)

Dari 31 Rt yang ada dilingkungan kelurahan mekarsari, nantinya akan ada 21 petugas PPDP sesuai dengan jumlah TPS, yang akan bekerja mengumpulkan data penduduk dengan cepat.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kelurahan Mekarsari, Hatubi pembentukan petugas ini dilakukan sejak tanggal 6 agustus hingga 5 september 2016, dan setelahnya baru melakukan tugas pendataan.

"Saat ini baru 20 data calon petugas yang telah mengumpulkan data ke kaantor kelurahan, dan petugas tersebut merupakan ketua Rt dan atau yang ditunjuk oleh ketua Rt sendiri," tuturnya.

Hatubi menjelaskan, petugas PPDP Nantinya akan mendata data penduduk dilingkungan dan melaporkan secara cepat, baik penambahan maupun pengurangan jumlah penduduk yang terjadi setiap harinya.

"Misalkan ada pendatang atau ada penduduk yang meninggal dunia, PPDP harus dapat segera melaporkan data tersebut kepihak kelurahan, hal ini untuk memastikan jumlah penduduk valid pada saat pilgub nanti," jelasnya

Hatubi berharap, warga dilingkungan kelurahan mekarsari aktiv dalam melakukan pengurusan admidrasi kependudukan, terutama bagi warga yang telah pindah dari lingkungan kelurahan mekarsari, agar mereka mengurus surat kepindahan ketempat asal.

" jika warga yang sudah pindah, diharapkan segera melakukan pengurusan admistrasi perpindahan data, sehingga mereka dapat melakan pemilihan ditempat ia tinggal yang baru," harapnya.

Ditempat terpisah, Erwin syah ketua Rt 01 dalam melakukan pendataan penduduk biasanya terkendala kepada penduduk baru yang tinggal pada kontrakan, terkadang mereka tidak dapat dipastikan lama tinggal dilingkungannya.

" penghuni kontrakan biasanya sering berganti, karna biasanya mereka membayar kontrakan bulanan, kalau gak betah mereka pindah, kita biasanya kesulitan mendata mereka" ujarnya.(ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: