seputarbanten.com-CILEGON, Walikota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi menjabarkan prestasi-prestasi yang telah diraih Kota Cilegon yang  baru menginjak usia yang ke 17 kepada seluruh peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas) yang ke-55 di Aula Sekretariat Daerah II Kota Cilegon, Rabu (24/8).

“Saya ucapkan terima kasih dan suatu kehormatan bagi kami Pemkot Cilegon karena terpilih menjadi lokus dari SSDN, agar dapat diketahui, walaupun tergolong muda (17 tahun), kota tercinta kami ini telah berhasil menghasilkan banyak prestasi membanggakan akibat terjadinya konsistensi kebijakan pembangunan,” tuturnya.

Lebih lanjut, kepada seluruh peserta SSDN Lemhanas ke-55 yang hadir Iman menuturkan bahwa sejak awal berdiri, Pemerintah Kota Cilegon selalu memiliki satu tujuan tunggal, yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan Pemerintah Kota Cilegon pun menurut Iman selalu konsisten untuk memperjuangkannya dalam setiap kebijakan program pembangunan.

Contoh nyata upaya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat salah satu contohnya adalah dalam bidang pendidikan. Dengan bangga Iman menyebutkan keberhasilan Pemerintah Kota Cilegon dalam menggratiskan pendidikan dasar selama 12 tahun.

“Sejak tahun 2008 silam, Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil menggratiskan pendidikan dasar 12 tahun bagi sekolah negeri. Bahkan di periode pemerintahan kami, kebijakan ini berhasil diperluas sampai menyentuh sekolah swasta dan madrasah,” katanya.

Selain bidang pendidikan, keberhasilan lain yang dibanggakan Iman adalah bidang kesehatan, di mana terdapat kebijakan penggratisan biaya berobat bagi warga tidak mampu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon.

“Kebijakan penggratisan berobat bagi warga tidak mampu di RSUD Kota Cilegon, berhasil dilaksanakan secara konsisten hingga sekarang, ditambah peningkatan kualitas puskesmas dan posyandu di kecamatan dan kelurahan,” ujarnya.

Selain fasilitas berobat, seluruh warga tidak mampu di Kota Cilegon juga mendapat bantuan fasilitas ambulance gratis, mobil jenazah gratis, sampai asuransi kesehatan yang bisa membantu kehidupan mereka.Tak hanya capaian prestasi, Iman juga menyampaikan upaya Kota Cilegon untuk membangun Center of Economic Growth yang bertujuan meningkatkan kemandirian dan keunggulan daerah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil membangun Terminal Terpadu Merak, Jalan Lingkar Selatan, dan Pasar Tradisional yang Representative. Dan sekarang, menurut Iman Pemerintah Kota Cilegon tengah fokus membangun empat Center of Economic Growth lainnya.

“Sekarang pada era pemerintahan kami, akan dibangun empat Center of Economic Growthlainnya, dalam bentuk Jalan Lingkar Utara, Pelabuhan Warnasari, Revitalisasi Pasar Tradisional, dan Gedung Olahraga,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Cilegon yakin dengan dibangunnya titik-titik sentral pertumbuhan ekonomi tersebut, tak hanya akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi daerah, namun juga akan mendatangkan efek berantai dalam rangka pengurangan angka kemiskinan secara signifikan.Meski telah meraih berbagai capaian prestasi dalam usia yang masih muda tersebut, Iman menyadari Kota Cilegon masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu, Iman mengajak seluruh peserta Lemhannas ke-55 yang hadir pada acara tersebut untuk memberikan saran kepada pemerintah.

“Walaupun telah mencapai kemajuan yang signifikan, kami sadar masih banyak kekurangan dari jalannya pembangunan yang terjadi di Kota Cilegon. Oleh karena itu, saya mengajak kepada para peserta Lemhannas ke-55 untuk bisa memberikan sumbang saran kepada kami tentang bagaimana langkah-langkah terbaik dalam memperbaiki atau menyempurnakan jalannya pembanunan di kota tercinta ini,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan pembina SSDN Lemhanas Mayor Jendral TNI Tampubolon menjelaskan tujuan dari diselenggarakannya SSDN Lemhanas ini, yaitu untuk mencari data kemudian dipelajari bagaimana ketahanan daerah yang bersangkutan.

“Lemhanas merupakan lembaga yang konsisten untuk mempertahankan NKRI. SSDN ini bertujuan untuk mencari data kemudian dipelajari bagaimana ketahanan daerah ini dari segala aspek baik ekonomi, sumber daya alam, politik, dan sebagainya. Sehingga dapat dijadikan jawaban atas tuntutan perkembangan nasional dan global,” jelasnya. (Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: