seputarbanten.com-PULOMERAK, Penderita HIV-AIDS di Kecamatan pulomerak dari tahun ketahun terus meningkat jumlahnya, penderita hingga tahun ini (2016) dari data yang didapat dari puskesmas pulomerak mencapai 92 kasus.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Pulomerak, Dr Faisal dari hasil penjaringan ditahun ini hingga agustus 2016 pihaknya telah menemukan 2 penderita, sementara pada tahun 2015 ada 10 penderita.

"Kita saat ini masih melaksanakan penjaringan terutama, pada tempat yang di mungkinkan menjadi penyebaran virus tersebut, seperti kontrakan dan tempat hiburan," katanya.

Selain itu, Dr Faisal dalam proses penjaringan pihaknya saat ini lebih berkonsentrasi kepada penderita Penderita tuberkulosis (TB) dan ibu hamil.

"Biasanya penderita HIV - AIDS kecendrungan terkena TB karna kondisi kekebalan tubuh yang kurang, sehingga dalam penjaringan penderita kami saat ini mempokuskan terhadap penderita TB," jelasnya

Sementara Dr Faisal, mengaku kendala dalam penjaringan penderita HIV - AIDS, pihaknya tidak dapat memaksakan siapapun untuk melakukan pemeriksaan.

"Kami hanya bisa melakukan sosialisasi untuk menekan penyebaran virus tersebut, namun untuk melakukan penjaringan kepada warga terjangkit atau tidak, kami kesulitan dalam aturan yang tidak dapat memaksakan siapapun," pengakuannya

Masih kata Dr Faisal, warga yang datang untuk melakukan pemeriksaan bukan hanya dari lingkungan kecamatan pulomerak,tetapi dari warga diluar pulomerak yang sengaja datang untuk melakuka pemeriksaan.

"Biasanya mereka yang datang sengaja untuk memeriksakan karna khawatir terkena virus tersebut, kebanyakan sih mereka yang pekerja malam dan waria," katanya. (Ipul)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: