seputarbaten.com-CILEGON - Menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Banten, Kapolres Cilegon, AKBP Raden Romdon Natakusuma mengingatkan anggotanya untuk netral dan tidak boleh berpihak pada kelompok tertetu. Jika melanggar akan ada sanksi tegas yang akan diberikan.

"Sekalipun saudara saya (Dimyati Natakusuma-red) ikut dalam pilgub, saya pastikan saya selaku orang yang berada di intitusi Polri, saya pastikan saya netral," katanya

Menurut Romdon, sikap netralitas harus ditunjukan jajaran kepolisian dalam Pilgub Banten mendatang. Netralitas tersebut dengan tidak mendukung dan mengarahkan suara terhadap calon tertentu.

"Tugas utama jajaran kepolisian adalah menjaga pelaksanaan pilgub yang aman dan kondusif," ujarnya.

Lebih lanjut, Romdon mengungkapkan, sikap netralitas ini harus ditunjukkan juga dengan tidak mengarahkan keluarga dan warga sekitar tempat tinggalnya untuk memilih salah satu pasangan calon. Sikap polisi dalam pilgub cukup memberikan hak suaranya tanpa harus mengajak atau mempengaruhi hak suara orang-orang sekitar.

"Bahkan jika ada anggota saya yang memasang stiker pasangan calon, langsung laporkan kepada saya. Bisa kontak langsung ke nomor saya atau bisa juga ke kantor," ungkapnya.

Romdon menambahkan, jika ditemukan personel polisi yang terlibat dalam politik praktis, akan diambil tindakan tegas. Termasuk pemanfaatan fasilitas ataupun sarana dan prasarana korpsnya dalam kampanye dan lain sebagainya.

"Saya sudah berkali-kali mengingatkan. Bila didapati personil polri yang melakukan pelanggaran akan di tindak sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku baik kode etik kepolisian maupun undang-undang lain yang mengatur," tambahnya.

Selain itu, Romdon menjelakan, penekanan untuk netral dan tidak berpihak sudah disampaikan beberapa kali olehnya. Hal itu dimaksudkan agar selalu diingat oleh anggotanya bahwa tugasnya memberikan ketentraman dan kenyamanan dalam memastikan keamanan, ketertiban hingga pilgub mendatang,

"Polri bertugas mengamankan situasi agar masyarakat merasakan aman, tertib dan lancar. Jika ada anggota tidak netral, tentu dampaknya akan membuat suasana tidak nyaman dimasyarakat," jelasnya.(Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: