seputarbanten.com-SERANG, PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) Serang, Kemarin (27/9), melakukan pembinaan terhadap sejumlah warung dan toko yang berada di kota serang, hal ini guna memberikan pengarahan tentang prodak yang kadaluarsa, dikarnakan sebagian masyarakat dikota serang masih minim tikat kepedulian terhadap hal tersebut.

Dikatakan Koordinator Member Relations Officer (MRO) PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Serang Ade Stya Tri Mulyono, pihaknya sering kali menemukan barang yang lewat dari masa kadaluarsa. Hal ini dirasakan masyarakat kurang begitu peduli terhadap masa kadaluarsa produk baik makanan maupun non pangan.

“Mayoritas pemilik toko kurang begitu peduli terhadap masa kadaluarsa, sehingga hal itu sanngat jarang diperhtaikan, padahal itu penting,” katanya seusai melakukan pembinaan (27/9)

Ade menuturka saat ini, Pihaknya sangat intenz melakuka sosialisasi dan pembinaan terhadap toko dan warung, untuk mengingatkan pedagang tentang pentingnya meluhat masa kadaluarsa.

“Ini (Masa kadaluarsa-red) selain menjadi pengaruh konsumen yang vatal, juga menjadi kebawjiban untuk pemilik toko dalam memperhatikan produk yang mereka jual,” jelasnya.

Semetara itu, Kepala BPOM Serang Muhamad Kashuri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Banten agar tetap waspada sebelum membeli dan mengonsumsi obat dan makanan. Selain itu, pihaknya juga meminta kepada warga agar ikut berpartisipatif dalam rangka menekan peredaran obat dan makanan ilegal di pasar.

“Ingat selalu CekKIK,” Himbaunya

Lebih lanjut, Kashuri menerangkan CekKIK yaitu mengecek kemasan, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa. Cek kemasan produk sendiri lanjut Kashuri, pastikan dalam keadaan baik dan pastikan tidak ada kerusakan. Cek Izin edar, cek nomor izin edar pada kemasan serta nomor notifikasi pada produk kosmetik sebagai bukti bahwa produk tersebut terjamin keamanan, manfaat, dan mutunya.

“Sementara cek kedaluwarsa yaitu cek waktu kedaluwarsa untuk memastikan produk yang dibeli tidak melewati batas kedaluwarsa dan aman untuk kita konsumsi,” terangnya (CTB-)
Share To:

PortalMuslim.com

Media Referensi Muslim - Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Post A Comment: