seputarbanten.com-SERANG, Badan Zakat Nasional (Baznaz) kota serang, keluhkan masih banyaknya warga kota serang yang menyalurkan zakat melalui baznas.

Hal tersebut terlihat dari persentase yang ditunjukan, saat ini pemberi zakat pada baznas didominasi oleh kalangan pejabat.

Menurut kepala baznas kota serang Habibi Asyafah, berdasarkan potensi, seharusnya Kota Serang dapat mengumpulkan zakat puluhan miliar, namun saat ini satu tahun hanya mampu mengumpulkan zakat sebesar 2,9 miliar,

"Hal tersebut karena tradisi masyarakat yang biasa berzakat langsung kepada penerimanya, dan biasanya beralasan jarak dari rumah yang cukup jauh," tuturnya

Habibi memambahkan bahwa dari 2,9 miliar itu, lebih dari 80 persen infak maupun sedekah berasal dari seluruh SKPD yang ada di Kota Serang yang dikumpulkan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Selain diberikan langsung dan terkendala jarak, faktor lainnya yang membuat penyaluran zakat minim melalui Baznas yaitu lantaran paradigma masyarakat saat ini dalam menyalurkan zakat lebih diutamakan kepada orang terdekat bukan kepada orang lain.

"Masyarakat masih enggan berzakat ya karna tiga faktor tadi, namun semoga masyarakat semakin sadar untuk berzakat," tambahnya

Habibi pihaknya sudah berupaya agar perolehan zakat meningkat yakni dengan seringnya melakukan sosialisasi ke berbagai tempat untuk mengajak masyarakat agar membayar zakat ke Baznas. Upaya lainnya yaitu kedepan pihaknya akan menempatkan para relawan di setiap kecamatan agar akses masyarakat ke Baznas lebih dekat.

"Namun rencana relawan ini masih dipertimbangkan, karena tentunya memerlukan biaya untuk menggaji relawan tersebut," ujarnya.

Seperti diketahui, masih kata Habibi, berzakat kepada Baznas sendiri sudah diatur berdasarkan keputusan presiden nomor 3 tahun 2014. Adapun jika saat ini masyarakat masih minim untuk berzakat kepad baznas dirinya berujar bahwa pihaknya tidak dapat berbuat apa-apa karena itu hak masyarakat.

"Kita tidak bisa paksakan, namun setidaknya upaya-upaya terus kita laukan," pungkasnya. (CTB-).
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: