seputarbanten.com-Cilegon, Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Kota Cilegon masa bhakti 2016-2021 dilakukan di Bintang Laguna Cilegon oleh Ketua Dekranasda Provinsi Banten, Dewi Indriati Rano, Kamis (08/09).

Walikota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi yang menghadiri pelantikan ini dalam sambutannya mengatakan Kota Cilegon merupakan Kota yang memiliki adat istiadat, seni budaya dan bahasa yang khas, oleh karena itu kita harus memanfaatkannya untuk suatu kreatifitas.

"Kota Cilegon merupakan salah satu Kota di Indonesia memiliki kebudayaan, adat istiadat, seni budaya dan bahasa yang khas dibandingkan daerah lainnya, hal ini merupakan sumber untuk tumbuh dan berkembangnya suatu kreatifitas," ungkapnya.

Lebih lanjut Iman menjelaskan mengenai kreatifitas tersebut haruslah dikembangkan salah satunya dengan seni kerajinan.
"Kreatifitas yang dimaksud adalah yang bersumber dari akar budaya suatu daerah, semakin besar akar budaya yang dimiliki maka akan semakin besar potensi kreatifitas yang dimiliki, sehingga semakin besar pula potensinya untuk maju dan berkembang, dan seni budaya yang dapat tumbuh dan berkembang secara kreatif dan dinamis diantaranya adalah seni kerajinan," tuturnya.

Iman meminta kepada dekranasda sebagai organisasi yang menghimpun segenap pemangku kepentingan seni kerajinan yang ada di daerah untuk mengolah potensi sumber daya daerahnya untuk dapat menjadikannya sebagai peningkatan perekonomian rakyat.

"Produk seni kerajinan ini sangat berperan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas, mengingat perannya yang sangat penting dan potensinya yang sangat besar, maka dekranasda perlu menggali seni kerajinan tersebut, melestarikan, dibina dan didorong pertumbuhannya serta perkembangannya," jelasnya.

Melalui dekranasda Kota Cilegon inilah Iman berharap muncul program-program untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah Kota Cilegon.

"Selama ini dekranasda Kota Cilegon sudah banyak melakukan kegiatan untuk membantu para perajin dalam melestarikan kerajinannya, saya berharap untuk kedepannya dekransda tetap mempertahankan program tersebut karena tantangan kedepannya lebih sulit lagi, kita semua akan bersaing tidak hanya dengan daerah lain di Indonesia tetapi juga Negara lain," katanya.

Ketua Dekranasda Kota Cilegon, Ida Farida mengatakan bahwa keberadaan Dekranasda Kota Cilegon sangat penting untuk perkembangan pengrajin di Kota Cilegon.

"Dekransda Kota Cilegon jelas memiliki peran penting dalam mendorong kreatifitas pengrajin di Kota Cilegon, Dekranasda Kota Cilegon memiliki kontribusi yang besar dalam penurunan angka pengangguran dengan menciptakan tenaga kerja baru dengan pengrajin sehingga dekranasda Kota Cilegon diharapkan dapat menigkatkan ekonomi pengrajin," tegasnya

Sementara itu Dewi Indriati Rano menjelaskan bahwa program dekranasda selama ini sudah melakukan beberapa pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kerajinan sumber daya manusia terkait potensi budaya yang dimiliki di setiap daerah tertentu.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: