seputarbanten.com-CILEGON, DK dan AS warga Lingkungan Ciore Jaya, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol dibekuk Satuan Reskrim Polres Cilegon lantaran terbukti melakukan pencurian di Kantor Kelurahan Kota Sari, Kecamatan Grogol pada 14 Agustus 2016 lalu.

Kepala Satreskrim Polres Cilegon, AKP Muhammad Ridzky Salatun mengatakan penangkapan kedua pelaku pencurian itu dilakukan setelah adanya laporan dari pihak Kelurahan Kota Sari yang menjadi korban pembobolan. Adapun barang yang hilang diantaranya 1 unit televisi 31 inc, 1 unit camera DLSR merk Canon dan 1 camera merk Nikon.

"Kejadianya pada bulan Agustus lalu, pihak kelurahan melaporkan adanya pencurian di kantor kelurahan Kota Sari dan ada beberapa barang yang hilang," katanya.(13/9)

Menurut Ridzky, DK dan AS keduanya ditangkap dirumah masing-masing tanpa ada perlawanan. Penankapan itu juga diperkuat dengan adanya temuan beberapa barang milik kantor kelurahan yang disimpan oleh salah satu pelaku pembobolan kantor kelurahan.

"Kita juga mengamankan barang bukti 1 buah camera merek Nikon, yang kita disita dari tersangka AS," ujarnya.

Adapun kronologis kejadian, Ridzky mengungkapkan, aksi kejahatan pembobolan kantor kelurahan Kota Sari itu baru diketahui sekitar 09.00 WIB oleh petugas kelurahan. Diduga para pelaku melakukan aksi kejahatan itu dilakukan menjelang pagi hari.

"Selanjutnya saudara Deni Yuliandi melaporkan kejadian itu kepada kita," ungkapnya.

Ridzky menegaskan para pelaku pembobolan kantor Kelurahan Kota Sari bakal dikenakan pasal 363 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan Pemberatan (curat) karena melakukan pencurian secara bersama-sama.

"Para pelaku terkena pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tegasnya.

Sementara itu, Lurah Kota Sari, Deni Yuliandi membenarkan adanya pembobolan dikantornya tersebut yang terjadi pada bulan Agustus 2016 lalu. Akibat kejadian itu sejumlah barang elektronik milik Kelurahan Kota Sari berhasil digondol maling.

"Barang yang hilang 1 unit televisi, dan 2 unit kamera," katanya.

Menurut Deni, pencurian diperkirakan terjadi pada saat kantor kelurahan dalam kondisi sepi. Namun pencurian itu baru diketahui pegawai kelurahan yang akan melakukan bersih-besih, karna kejadian dilakukan pada hari minggu tidak ada pegawai kelurahan lain yang masuk pada saat itu.

"Kemungkiman kejadian saat petugas sudah pulang, tepatnya setelah salat Shubuh," ujarnya.

Terkait para pelaku pembobolan sudah ditangkap oleh Satreskrim Polres Cilegon, Deni mengaku belum mengetahuinya dan belum ada informasi dari pihak kepolisian terkait penangkapan tersebut.

"Saya sudah menghubungi polsek pulomerak, tapi katanya ditangani Polres Cilegon. Saat saya menghubungi Polres, petugas yang menangkap juga sedang lepas piket, kemungkinan baru besok saya ke Polres," ujarnya. (Dewan)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: