seputarbanten.com-Cilegon, Perayaan Shalat Idul Adha 1437 H tingkat Kota Cilegon dilakukan di Masjid Agung Kota Cilegon, Senin (12/09). Walikota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi yang salat di masjid tersebut, pada sambutannya mengatakan bahwa penyebutan Qurban dalam Al-Qur'an mengandung arti upaya pendekatan kepada Tuhan.

"Sejatinya berqurban memiliki makna yang luas, sehingga apapun yang kita lakukan, baik yang bersifat material maupun non material dapat dikategorikan sebagai implementasi qurban," ungkapnya.

Iman menjelaskan ketulusan dalam berqurban telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS ketika diperintahkan untuk mengorbankan putra tersayangnya, Nabi Ismail AS, dan mengajak kepada Masyarakat Kota Cilegon untuk meneladaninya.

"Pelaksanaan perintah dari Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail merupakan sesuatu yang sangat berat secara psikologis, tetapi perasaan itu terkalahkan oleh ketundukan dan ketulusan menjalankan perintah Allah SWT, sikap Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ini mengisyaratkan pesan penting bahwa kecintaan kepada Allah mengatasi kecintaan kepada orang lain,  ketauladanan inilah yang seharusnya bisa kita petik dari kisah ini," tuturnya.


Iman juga meminta idul Qurban ini dapaat dijadikan pelajaran untuk spirit pengabdian kepada bangsa dan negara kita dengan menjelaskan tiga hikmah yang tersirat dari peristiwa Qurban ini.

"Pelajaran dari Idul Qurban ini dapat menjadi spirit pengabdian kepada bangsa dan negara kita Indonesia, dan Kota Cilegon tercinta, paling tidak ada tiga hikmah yang tersirat dari peristiwa Qurban ini, pertama tanggung jawab sebagai pondasi aktivitas, kedua optimisme sebagai penopang kreativitas, dan ketiga adalah kemampuan bekerja sama dengan pihak lain sebagai pemelihara kreativitas," tegasnya.

Lebih lanjut Iman mengingatkan kepada kita semua untuk terus menjalin kekompakan dan kebersamaan dalam membangun bangss dan negara.

"Pengabdian untuk bangsa dan negara tidak dapat mengesampingkan peran kerjasama, kebersamaan dan jalinan kekompakan untuk padu dalam keseharian, melainkan juga menjadi prasyarat kesuksesan, kita harus saling mendukung berdasarkan kapabilitas dan kapasitas masing-masing, tentu saja kerja sama hanya akan berjalan dengan baik jika ditanamkan rasa saling percaya satu sama lain, yang didasari oleh prinsip amanah," terangnya.

Pada kesempatan ini, Iman mengucapkan rasa terima kasih kepada Masyarakat Kota Cilegon yang telah bekerja sama dalam kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Masyarakat Cilegon yang telah berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan, sehingga Kota Cilegon telah sejajr dengan Kota/Kabupaten lain yang memiliki IPM tinggi, program-program pembangunan yang saat ini sedang berjalan, itu tidak terlepas dari keikutsertaan Masyarakat baik secara langsung ataupun tidak langsung, karena kemajuan dan kemandirian Kota Cilegon ini juga tidak dapat dipisahkan dari peran serta Masyarakat itu sendiri," pungkasnya.

Setelah Shalat Idul Adha, Iman menyerahkan hewan Qurban kepada pengurus DKM Masjid Agung Nurul Ikhlas yang kemudian mengadakan open house di Rumah Dinas Walikota Cilegon.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: