seputarbanten.com-CILEGON, Sejumlah Jalan di lingngkungan kelurahan taman baru kecamatan citangkil, yang selama ini kondisinya amat meng-khawatirkan karna raman lonsor, kini Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan dan pemerintah tengah melakukan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Informasi yang dihimpun dari pengurus LPM setempat, pembangunan dilakukan ditiga titik, yaitu lingkungan kedawung, gegunung dan kubang bale, hal ini dikarnakan ketiga lokasi tersebut merupakan jalan yang setiap harinya dilalui kendaraan bermuatan besar mau pun lecil.

Jika jalan yang posisinya merupakan dataran tinggi ini, dikhawatirkan akan terkikis abis dan rawan lonsor, oleh karnanya pembangunan TPT mesti dilakukan ditempat tersebut.

Menurut Ketua LPM Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil Zainal Arifin, pembangunan TPT itu berdasarkan pengajuan proposal, namun ada warga yang menghibahkan tanahnya sehingga pembangunannya berubah

"awalnya kami mengajukan proposal pembangunan TPT sepanjang sekitar 110-115 meter kubik, namun ada warga yang ingin menghibahkan tanahnya untuk diperpanjang menjadi 200 meter kubik," tuturnya

Lebih lanjut Zainal mengaku, selain pembangunan TPT, pihaknya menargetkan pembukaan alses jalan menuju Jalur Lingkar Selatan (JLS)

"Rencana itu sudah kami usungkan dalam DPWKel 2017. Saat ini kami fokus bangun TPT dengan anggaran Rp 125 juta, dan Rp 10 juta digunakan untuk pelatihan security bagi tiga orang yang termasuk dalam data RTS (Rumah Tangga Sasaran)," terangnya.

Sementara itu, kelala kelurahan Tamanbaru, Nanang Umar Nafis menginginkan program lanjutan selain pembangunan TPT yaitu pelebaran jalan lingkungan, hal tersebut mengingat jalan dilingkungannya sempit namun jumlah kendaraan yang melintas banyak.

"Pelebaran jalan ini tentu melihat kondisi jalan yang sempit dan rawan longsor. Sehingga kami ingin memberikam rasa nyaman juga kepada pengguna jalan yang melewati sejumlah jalan lingkungan," ungkapnya

Nanang menambahkan, pengalihan program pola padat karya kepada DPWKel ini akan terus bersinergi dengan suara dari masyarakat setempat.

"Meskipun ini program padat karya yang terakhir, kami telah menyusus berbagai program DPWKel dengan menggandeng para pengurus LPM dan BKM di sini. Dimana kami melihat program yang tentunya patut diprioritaskan juga," tambahnya (Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: