seputarbanten.com-CILEGON, Walikota Cilegon Tb. Iman Ariyadi meresmikan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (Gardu) Pembangunan di Stadion mini Jombang Kecamatan Jombang, Rabu (31/8).

Program ini merupakan keterpaduan kegiatan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan, dan juga replikasi dari program nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan.
Dikatakan Walikota, Gardu Pembangunan ini bagian dari melibatkan masyarakat dari level bawah untuk membantu pembangunan Kota Cilegon.


“Jadi yang sifatnya kecil itu bisa dilaksanakan melalui Gardu Pembangunan bersama lurah, camat dan masyarakatitu menjadi suatu hal positif melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembangunan,” katanya.

Iman menambahkan, sasaran langsung Gardu Pembangunan adalah masyarakat, dalam rangka mewujudkan gotong royong, keamanan, ketertiban, social ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


“Selain itu kriteria sasaran program ini, sarana atau prasarana fisik dan non fisik, dengan tingkat kebutuhan yang berdasarkan skala prioritas hasil Musrenbang tingkat Kecamatan,” terang Iman.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangan (BPMKP) Kota Cilegon Beatri Noviana mengungkapkan, tujuan program ini untuk memadukan kegiatan yang ada di tingkat lingkungan RT/RW dan kelurahan.

“Melalui Gardu Pembangunan dapat memberdayakan seluruh komponon masyarakat untuk bersama-sama bertindak dalam membangun lingkungan dengan cara gotong royong dan swadaya masyarakat,” ungkapnya.

Apabila program PNPM Mandiri Perkotaan tidak ada, lanjut Beatri, dengan program Gardu Pembangunan ini, Pemerintah Kota Cilegon dapat melanjutkan pembangunan di lingkungan RT/RW.

“Karena perlu kita sadari bahwa pembangunan baik fisik maupun non fisik yang sudah direalisasikan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sudah cukup banyak,” jelasnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: