seputarbanten.com-SERANG,Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkungan Seni dan Budaya (Lisbu) STIE Bina Bangsa Serang menggelar roadshow pertunjukkan teater di beberapa tempat, seperti di kampus STIE Bina Bangsa, Gedung  Kesenian Cilegon, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Banten dan Gedung Kesenian Cirebon.

Kegiatan di tahun ini Lisbu mengangkat lakon karya Arifin C Noer berjudul Kisah Cinta dan Lain-lain yang disutradarai oleh Bedjo Cakil Iswara.

Kata Ketua Lisbu, STIE Bina Bangsa, Ikhwan Sugianto mengatakan, roadshow terater ini sudah dimulai pada Agustus lalu.

“Pementasan di Gedung Kesenian Cilegon pada 22-23 Agustus lalu, UPI Banten pada 7 September, Kampus STIE Bina Bangsa pada 20 September dan hari ini kita akan berangkat ke Gedung Kesenian Cirebon dan akan pentas pada 24 September nanti,” katanya


Ikhwan juga menjelaskan, alasannya memilih naskah dari Arifin C Noer karena dinilai cocok dengan perkembangan kemanusiaan saat ini.

“Naskah ini sudah kita diskusiakan dengan kawan-kawan di Lisbu, dan kita rasa cocok, sebab naskah ini membahas tentang krisis kemanusiaan,” jelasnya

Sutradara pementasan Kisah Cinta dan Lain-lain, Bedjo Cakil mengatakan, kenapa milih naskah Arifin karena bercerita tentang kritik sosial masyarakat dari kondisi kehidupan saat ini.

“Naskah ini berbicara tentang kasta, kritik sosial masyarakat saat ini. Kisah ini bercerita tentang kehidupan seorang majikan, digambarkan seekor anjing sang majikan sedang sakit dan si majikan berusaha keras memberikan perawat terbaik bagi si anjing agar sembuh, tapi di hari yang sama, ketika ada salah satu anak pembantunya yang sedang sakit, sang majikan tidak peduli sedikitpun. Ini merupakan satu kritik pedas bagi kita,” ujarnya.


Masih menurut Bedjo, durasi teater yang mencapai satu setengah jam itu diharapkan penonton bisa mendapatkan semangat atau motivasi dari naskah tersebut.

“Semangat dari kisah dalam tetaer ini bahwasanya manusia adalah sama, tidak ada batasan antara yang kaya dan miskin,” imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kemahasiswaan STIE Bina Bangsa, Ubay Haki mengatakan UKM Lisbu dari waktu ke waktu banyak mengalami peningkatan.

“Tahun lalu UKM Lisbu hanya mengadakan roadshow teater di Banten saja, tapi tahun ini sudah ada undangan hingga ke Cirebon. Ini merupakan prestasi yang baik dan tentu saja membawa nama baik bagi kampus,” ungkapnya (CTB-)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: