seputarbanten.com-Cilegon Peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kota Cilegon dengan tema "Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar Untuk Kehidupan" dilakukan di Halaman Kantor Walikota Cilegon , Rabu (07/09).

Walikota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi yang menghadiri acara ini dalam sambutannya mengatakan tema yang diangkat sangat penting bagi Indonesia yang kaya keanekaragaman hayati, sehingga menjadi tantangan kita bersama untuk mengelola dan memperhatikannya.


"Indonesia merupakan rumah dari17% total spesies yang ada di dunia, keanekaragaman tersebut selain menjadi sumber kebanggan juga menghadirkan tantangan yang rumit untuk mengelolanya dengan cara yang bertanggung jawab, memperhatikan keseimbangan alam dan adil bukan untuk generasi sekarang, tetapi juga untuk generasi yang akan datang," ungkapnya.

Terkait dengan permasalahan lingkungan saat ini, Iman mengatakan hal itu perlu perhatian yang sangat serius, yang hanya dapat diatasi dengan keterlibatan seluruh Masyarakat.

"Permasalahan lingkungan hanya dapat diatasi dengan keterlibatan seluruh Masyarakat, Masyarakat berada di posisi yang sangat strategis, baik sebagai potensi sumber masalah, yang dapat kita tekan, kurangi, juga sebagai potensi solusi yang harus kita dorong, oleh karena itu partisipasi Masyarakat menjadi sangat penting dalam setiap upaya pengelolaan lingkungan hidup," tuturnya.

Iman juga berpesan kepada perusahaan untuk turut serta dalam menjaga lingkungan hidup dengan memperhatikan kegiatan perusahaannya terhadap dampak ke lingkungan.

"Saya mengharapkan kepada perusahaan untuk bisa menjaga lingkungan hidup, terutama kepada pencemaran-pencemaran dampak dari perusahaannya, pada kesempatan ini saya berterima kasih kepada Badan Lingkungan Hidup yang telah konsisten menagakkan peraturan terkait lingkungan hidup ini, dan itu saya kira saya harapkan terus pengawasannya, sehingga Kota Cilegon yang menjadi daerah industri perdagangan dan jasa menjadi keseimbangan yang baik antara menjaga lingkungan hidup dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Terkait dengan acara ini, Iman sangat mengapresiasi badan lingkungan hidup yang telah mengikutsertakan anak usia dini, karena hal itu dapat menjadikan momentum membangun karakter untuk lebih peduli dan mencintai lingkungan di sekitar kita.

"Saya kira mudah mudahan dengan diadakannya kegiatan yang melibatkan anak usia dini, kita dapat menanamkan anak-anak kita, untuk selalu menjaga lingkungan, itu menjadi bagian dari komitmen kita untuk menjaga lingkungan hidup agar menjadi lebih baik lagi," jelasnya.

Menurut Iman. Pemerintah Kota Cilegon terus melakukan pembangunan dalam konteks ruang terbuka publik dan penanaman pohon, dan untuk terwujudnya hal itu Iman meminta kerja samanya dari seluruh sektor yang ada di Kota Cilegon.

"Saya berharap program kerja yang dilakukan Pemerintah Kota CIlegon bisa diikuti oleh seluruh lapisan Masyarakat termasuk Industri, untuk menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya, hal ini sesuai dengan isu strategis visi jangka panjang dan pembangunan pada periode pertama dan kedua, telah menetapkan misi yang mengarahkan pencapaian visi secara sistematis yaitu memantapkan lingkungan Kota yang asri dan lestari," katanya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Epud Syaipudin menjelaskan bahwa acara ini memiliki beberapa rangkaian dengan mengundang 300 peserta, acara tersebut diantaranya Seminar lingkungan hidup, pameran edukasi lingkungan hidup, pameran hasil karya yang terbuat dari produklimbah dan diolah yang memiliki kreatifitas untuk edukasi, dan juga acara pentas seni. (Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: