seputarbanten.com-CILEGON,Pemerintah Kota Cilegon melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Cilegon memberikan penyuluhan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cilegon yang dilakukan di Aula Setda II Kota Cilegon, Kamis (22/09).

Plt. Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati yang membuka acara tersebut menjelaskan dalam sambutannya mengenai ASN merupakan profesi yang menuntut integritas dan bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga diperlukannya proses pembelajaran mengenai Hukum bagi Aparatur Sipil Negara.

"ASN merupakan profesi yang menuntut integritas, profesional, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta dapat melaksanakan pelayanan publik bagi Masyarakat, demi mewujudkan hal itu maka perlu proses pembelajaran yang dilakukan secara simultan dan berkelanjutan, yang salah satunya melalui kegiatan pembinaan dan penyuluhan hukum bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon," ungkapnya.

Menurut Ati, Pembinaan dan penyuluhan hukum ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran hukum bagi ASN di Kota Cilegon.

"Kegiatan pembinaan dan penyuluhan hukum diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum aparatur, sehingga setiap aparatur menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara khususnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan Masyarakat yang menjunjung tinggi hak asasi manusia," katanya.

Pembinaan dan penyuluhan hukum ini akan memaparkan tiga materi utama terkait penegakan hukum pada tindak pidana korupsi, hukum perkawinan bagi PNS dan pencegahan penyalahgunaan Narkotika di kalangan PNS.

"Materi-materi mengenai tindak pidana korupsi, hukum perkawinan bagi PNS dan pencegahan penyalahgunaan Narkotika di kalangan PNS ini disampaikan mengingat rawannya PNS mengalami perkara tindak pidana korupsi, penyalahgunaan narkotika dan permasalahan rumah tangga yang akhirnya mengganggu kinerja sebagai Aparatur yang berfungsi untuk melayani Masyarakat Kota Cilegon," tuturnya.

Mengenai perceraian rumah tangga, Ati menggarisbawahi sebagai permasalahan yangs erius saat ini dan menegaskan kepada ASN untuk meminimalisir terjadinya perceraian di rumah tangga, karena di Kota Cilegon saat ini banyak terjadi kasus perceraian rumah tangga di kalangan ASN.

"Akhir-akhir ini banyak sekali kasus perceraian rumah tangga yang terjadi di kalangan ASN, oleh karena itu saya meminta kepada ASN di Kota Cilegon untuk meminimalisir terjadinya perpecahan di rumah tangga dengan menerapkan keharmonisan di rumah tangga, saya menargetkan untuk kedepannya perceraian rumah tangga di kalangan ASN Kota Cilegon ini berkurang bahkan kalau bisa dikurangin hingga 0%," mintanya.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Cilegon, Sulhi mengatakan dalam sambutannya penyuluhan ini bertujuan agar ASN di Kota Cilegon dapat mengerti dan memahami serta meningkatkan kesadaran hukum agar melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN secara profesional.

"Dengan disampaikannya materi-materi yang kami sampaikan ini diharapkan agar PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon menjadi Aparatur yang memiliki integritas hidup dan profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan Masyarakat,"harapnya.(Ipul)
Share To:

SeputarBanten.com

Media Berita Seputar Banten

Post A Comment: